Selasa, 29 November 2022

Tim Indonesia Melesat di Kejuaraan Karate Internasional, Panen Tiga Emas

Berita Terkait

Karateka Indonesia tampil pada kategori kata beregu putra kejuaran karate internasional WKF series A 2022 di Istora Senayan, Minggu (20/11). (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)

batampos – Tim karate Merah Putih panen medali di Kejuaraan Karate Internasional WKF Series A 2022. Total, Indonesia meraih 3 medali emas, 3 perak, dan 5 perunggu.

Tiga medali emas direbut atlet kelas kumite +68 kg atas nama Rakawuni Banurea Dessynta. Dia mengalahkan Hannah Sullivan dari Australia dengan penampilan impresif 8-0.

Dua emas lain direbut tim kata beregu putri Pelatda Jawa Barat yang digawangi Arkani, Lala Diah Pitaloka, dan Malini Angga Resta. Mereka mengalahkan tim pelatnas.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Akui Tak Menyesal Lakukan Wawancara Kontroversial

Satu emas lain dari kata beregu putra pelatnas yang beranggota Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardhana, dan Albiadi. Mereka mengalahkan Pelatda DKI Jakarta.

Pelatih kepala karate Indonesia Idris Gusti menyatakan bahwa secara hasil sudah maksimal. ’’Cuma, memang ada beberapa yang tidak beruntung. Tidak berarti lemah. Kami bisa bersaing. Itu hasil yang luar biasa,’’ ujarnya.

Salah satu ketidakberuntungan adalah di kelas -50 kg atas nama Annisa Nur Anngraini yang takluk (2-5) oleh karateka asal Malaysia Shahmalarani Chandran.

Menurut dia, Annisa tidak kalah taktik dan strategi. Namun, level permainan atlet Malaysia sudah lebih tinggi. Untuk diketahui, Shahmalarani merupakan peraih medali emas SEA Games Hanoi 2021.

Baca Juga: Belanda Benamkan Senegal 2-0, Puncaki Klasemen Grup A

’’Sehingga Annisa terpengaruh bermain di levelnya. Sebetulnya kurang beruntung menurut saya. Walaupun skornya kejar-mengejar, terpengaruh ritme sama lawan,’’ sebutnya.

Kekalahan tersebut disebutnya bakal menjadi evaluasi bagi tim pelatih. Sebab, pada SEA Games Kamboja 2023, sangat mungkin bakal kembali berhadapan.

’’Lawan juga masih muda dan energik. Tapi, insya Allah, di Kamboja tim pelatih akan evaluasi strategi apa untuk bisa mengimbangi atlet Malaysia,’’ ucapnya. (*)

 

 

 

Reporter: JPGroup

Update