Rabu, 24 Juli 2024

Mengenal Boxing Day, Salah Satu Perayaan Populer Bagi Penikmat Kompetisi Premier League

Berita Terkait

Suporter Sepakbola yang Datang di Stadion pada Saat Boxing Day. (Sumber: Marca)

batampos – Premier League, salah satu kompetisi sepakbola populer di dunia memasuki pekan pertandingan yang biasa disebut sebagai Boxing Day.

Tahun ini Boxing Day di Premier League akan sajikan beberapa pertandingan menarik seperti Aston Villa menjamu Manchester United di Old Trafford pada Selasa (26/12) waktu setempat atau Rabu (27/12) dinihari Waktu Indonesia Barat.

Boxing Day dinikmati tidak hanya bagi warga Inggris, namun seluruh pecinta Premier League di dunia menantikan kejadian-kejadian menarik di pekan penting ini.

Namun tahukah anda bagaimana tradisi yang populer di Inggris tersebut menjadi perayaan tahunan yang berlangsung hingga kini.

Apa itu Boxing Day?

Dikutip dari Britannica, Boxing Day merupakan sebuah perayaan yang diadakan setiap tanggal 26 Desember dan hari tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Perayaan tersebut diadakan di seluruh wilayah Britania Raya dan negara-negara persemakmuran lain seperti Kanada, Australia dan Selandia Baru.

Dilansir dari Snopes ada beberapa versi peristiwa yang dianggap sebagai awal mula dipilihnya nama Boxing Day.

Beberapa abad lalu, orang-orang dari kelas pedagang memberikan hadiah pada para pelayan serta pedagang lainnya sehari setelah perayaan Natal.

Hadiah tersebut dikemas dalam kemasan berbentuk kotak sehingga lahirlah istilah ‘Boxing Day’. Selain itu ada pula yang beranggapan tradisi tersebut dimulai dari dalam gereja.

Pada saat itu barang-barang sumbangan yang berada di gereja harus dibuka pada saat malam Natal dan didistribusikan pada orang-orang di hari berikutnya.

Berdasarkan peristiwa tersebut, penggunaan kata ‘box’ pada ‘boxing day’ merujuk pada gudang atau brankas penyimpanan hadiah-hadiah tersebut.

Seiring perkembangan zaman, kini perayaan hari tersebut dikenal sebagai hari belanja dan perayaan dalam kompetisi olahraga.

Boxing Day di Premier League

Saat liga-liga Eropa lain libur selama 2 pekan saat Natal, hal tersebut tidak berlaku bagi kompetisi tertinggi di Inggris tersebut.

Dilansir dari The Sporting News, Boxing Day di Premier League telah melahirkan banyak rekor-rekor menarik.

Pertandingan yang berlangsung pada sehari setelah Natal tersebut pertama kali dilaksanakan pada 1888 dan memainkan sebanyak 2 pertandingan.

Derby County melawan Bolton Wanderers dan West Brom berhadapan dengan Preston North End menjadi laga yang dilaksanakan saat itu.

West Brom menjadi klub yang paling banyak memainkan pertandingan di Boxing Day dengan catatan kemenangan sebanyak 45 kali, imbang 22 kali dan alami kekalahan sebanyak 39 kali.

Sementara itu Manchester United menjadi tim yang paling banyak meraih poin pada gelaran Boxing Day yakni 171 poin dari 96 laga di hari tersebut.

Mantan Pemain Tottenham Hotspurs yang kini memperkuat Bayern Munich yakni Harry Kane menjadi pencetak gol terbanyak saat gelaran pertandingan di Boxing Day dengan mencetak 10 Gol.

Kemenangan terbesar sepanjang sejarah pertandingan Premier League di Boxing Day terjadi saat Manchester City meraih kemenangan 6-3 atas Leicester City pada musim 2021/2022 lalu.

Di musim 2023/2024 ini terdapat 5 pertandingan Premier League yang akan berlangsung pada tanggal 26 Desember atau sehari setelah Natal. (*)

 

Reporter: JPGroup

Update