Selasa, 29 November 2022

Tangis Perpisahan Alex Rins Usai MotoGP Valencia

Berita Terkait

Alex Rinsmengendarai Suzuki GSX-RR 1000 yang mengantarnya memenangi balapan MotoGP Valencia. (Jean-Francois MONIER / AFP)

batampos – Francesco Bagnaia memang menjadi pusat perhatian dalam balapan pemungkas MotoGP 2022 di GP Valencia Minggu (6/11) lalu.

Namun, ada cerita epik lain. Yakni, kemenangan pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins pada penampilan terakhirnya berseragam biru itu.

Kemenangan itu menjadi kado perpisahan Rins dengan pabrikan asal Jepang tersebut.

Ya, pada balapan terakhir Suzuki di pentas grand prix tersebut, Rins tampil begitu memukau. Pembalap asal Spanyol itu melakukan start luar biasa.

Baca Juga: Juara Dunia MotoGP 2022: Sejarah Pecco, Kebangkitan Italia

Dia langsung melakukan manuver yang sukses mengambil alih pimpinan balapan. Padahal, dia mendapat start dari posisi kelima.

Setelah itu, Rins terus mengontrol jalannya balapan sepanjang 27 lap tersebut. Dia sama sekali tak tersentuh pembalap lain.

Rins akhirnya meraih podium tertinggi keduanya sepanjang musim ini.

’’Rasanya luar biasa mengakhiri musim dengan cara seperti ini,’’ ucap Rins dilansir Motorsport.

’’Suzuki sudah memutuskan meninggalkan olahraga ini. Aku tidak bisa memberikan momen perpisahan lebih baik dari ini,’’ tambah pembalap yang musim depan membela tim LCR Honda itu.

Baca Juga: Drawing 16 Besar Liga Champions, Pertemuan 3 Final di 5 Musim Terakhir

Rins menyebut kemenangan kelimanya sepanjang karier di MotoGP itu dia raih dengan tidak mudah.

Pasalnya, begitu banyak emosi yang berkecamuk di dalam paddock tim Suzuki sejak hari pertama mereka datang ke Sirkuit Ricardo Tormo tersebut.

’’Sangat sulit berkonsentrasi. Saat berada di grid, aku melihat motorku dan para mekanik. Di situ aku menangis lagi. Semua emosiku keluar. Tapi, aku menahan diri. Aku katakan ke diri sendiri masih ada satu balapan yang harus diselesaikan,’’ ucap Rins.

Pembalap 26 tahun itu menambahkan, ada satu hal yang paling membuatnya bahagia setelah memenangi balapan tersebut.

Baca Juga: Komisi X DPR Setujui Shayne Pattynama Dinaturalisasi

Yakni, melihat seluruh kru Suzuki menangis bahagia merayakan kemenangan di penampilan terakhir mereka di ajang MotoGP.

Rins mengaku sudah membuat satu permintaan terakhir kepada Team Director Suzuki Shinichi Sahara setelah balapan kemarin.

Rins meminta motor GSX-RR yang dia tunggangi di balapan kemarin dan musim ini sebagai kenang-kenangan.

’’Aku sudah bilang ke Sahara. Ini motor yang sangat berarti untukku. Di ban belakang yang aku gunakan kemarin, semua anggota tim telah membuat pesan dengan tulisan tangan mereka,’’ ungkap Rins. (*)

 

 

 

Reporter: JPGroup

Update