Sabtu, 3 Desember 2022

Juara Dunia MotoGP 2022: Sejarah Pecco, Kebangkitan Italia

Berita Terkait

Francesco Bagnaia ditabalkan sebagai juara dunia MotoGP 2022. (JAVIER SORIANO / AFP)

batampos – Sejarah itu akhirnya benar-benar tercipta. Pembalap Ducati Francesco Bagnaia memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2022 setelah mengakhiri balapan GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo dengan finis di posisi kesembilan Minggu malam WIB (6/11).

Hasil itu sudah cukup membuat pembalap 25 tahun tersebut mengambil alih gelar juara dunia MotoGP yang tahun lalu dimiliki pembalap Yamaha Fabio Quartararo. ”Ini hari yang paling indah seumur hidupku,’’ ucap Bagnaia dalam wawancara di parc ferme seusai balapan.

Baca Juga: Balapan MotoGP Valencia: Bagnaia Segel Gelar Juara Dunia 2022

Gelar itu membuat Pecco, julukan Bagnaia, menjadi pembalap Italia pertama yang sanggup meraih gelar juara dunia sejak 2009. Kali terakhir orang Italia yang bisa melakukan itu adalah gurunya sendiri, Valentino Rossi.

Selain itu, hasil tersebut juga membuat Bagnaia tercatat sebagai pembalap Italia pertama dalam 50 tahun yang bisa menjadi juara dunia balapan grand prix kelas premier dengan menggunakan motor pabrikan Italia juga.

Baca Juga: Klasemen Akhir Pembalap MotoGP 2022 Usai MotoGP Valencia

Satu-satunya pembalap Italia lain yang bisa melakukan itu sepanjang sejarah hanya Giacomo Agostini. Kali terakhir dia melakukannya pada 1972 dengan menggunakan motor MV Agusta. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update