Prediksi 8 Negara Asia yang Potensial Lolos Piala Dunia 2026, Ini Peluang Timnas Indonesia

0
138
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga lanjutan grup F babak kualifikasi Piala dunia zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga lanjutan grup F babak kualifikasi Piala dunia zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS)

batampos – Piala Dunia 2026 akan menjadi ajang yang sangat dinantikan oleh para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Dengan penambahan jumlah peserta dari 32 menjadi 48 tim, peluang bagi negara-negara Asia untuk ambil bagian dalam turnamen paling bergengsi ini semakin terbuka lebar.

Asia, yang sebelumnya hanya memiliki beberapa slot, kini mendapatkan kuota delapan negara plus satu tim yang akan menjalani babak play-off. Lantas, siapa saja delapan negara Asia yang berpotensi lolos ke Piala Dunia 2026?

Dilansir dari JawaPos.com yang telah merangkum prediksi menarik tentang delapan negara yang memiliki peluang besar untuk mewakili Asia di ajang tersebut, termasuk peluang besar bagi Timnas Indonesia.

Irak
Irak menjadi salah satu negara yang diprediksi akan lolos ke Piala Dunia 2026. Kekuatan tim nasional Irak meningkat signifikan berkat kebijakan mereka dalam merekrut para pemain keturunan yang berkarier di Eropa.

Prestasi Irak juga tidak bisa dianggap remeh, mereka pernah mengalahkan Jepang dengan skor 2-1 di Piala Asia 2023. Selain itu, Irak sudah mengamankan tempat di babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dengan persiapan yang matang dan pemain-pemain berkualitas, Irak berpotensi besar untuk melangkah ke putaran final Piala Dunia 2026.

Arab Saudi
Arab Saudi adalah tim yang selalu menunjukkan performa konsisten di kancah sepak bola Asia. Kehadiran Roberto Mancini sebagai pelatih baru memberikan angin segar bagi tim ini.

Pengalaman Mancini sebagai pelatih di Eropa diharapkan dapat membawa perubahan positif. Tim yang mampu mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022 ini sudah hampir pasti lolos ke babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, asalkan berhasil menang atau imbang melawan Pakistan di matchday kelima. Dengan modal yang kuat, Arab Saudi diprediksi akan melangkah ke putaran final Piala Dunia 2026.

Qatar
Sebagai juara Piala Asia dalam dua edisi terakhir, Qatar memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk bersaing di level internasional. Mereka telah membuktikan kualitasnya dengan lolos ke babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, meskipun baru melakoni empat pertandingan. Dengan skuad yang solid dan pengalaman bertanding di ajang internasional, Qatar berpeluang besar untuk meraih tiket ke Piala Dunia 2026.

Australia
Australia selalu menjadi salah satu kekuatan utama sepak bola Asia sejak pindah ke AFC pada 2005. Mereka selalu lolos ke Piala Dunia dalam setiap edisi setelah bergabung dengan konfederasi Asia.

Bermodalkan pemain-pemain yang bermain di klub-klub Eropa, Australia memiliki tim yang kompetitif dan berpengalaman. Dengan kekuatan yang konsisten, Australia diprediksi akan kembali lolos ke Piala Dunia 2026.

Korea Selatan
Korea Selatan adalah tim yang sulit dibendung di Asia. Diperkuat oleh pemain-pemain kelas dunia seperti Son Heung-min, Kim Min-jae, dan Lee Kang-in, mereka memiliki skuad yang kuat dan berpengalaman.

Timnas Korea Selatan selalu menunjukkan performa impresif di berbagai kompetisi, dan dengan pemain-pemain yang bermain di klub-klub top Eropa, mereka diprediksi akan kembali lolos ke Piala Dunia 2026.

Iran
Iran selalu menjadi salah satu tim terkuat di Asia. Dengan banyak pemain yang berkarier di Eropa, kualitas skuad Iran terus meningkat. Meski sempat dirugikan oleh keputusan wasit saat bersua Qatar di semifinal Piala Asia 2023, Iran tetap menunjukkan performa yang solid. Mereka memiliki peluang besar untuk lolos ke Piala Dunia 2026, mengandalkan kekuatan dan pengalaman pemainnya.

Jepang
Jepang adalah salah satu tim yang selalu hadir di Piala Dunia sejak edisi 1998. Diperkuat oleh pemain-pemain yang sedang dalam performa terbaiknya seperti Wataru Endo (Liverpool) dan Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion), Jepang diprediksi akan kembali tampil di Piala Dunia 2026. Konsistensi dan kualitas permainan Jepang menjadikan mereka salah satu tim terkuat di Asia.

Indonesia
Tidak sedikit yang mengernyitkan dahi ketika mendengar nama Indonesia masuk dalam daftar ini. Namun, Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk lolos ke Piala Dunia 2026. Timnas Indonesia hanya tinggal selangkah lagi untuk lolos ke babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di mana mereka akan bersaing dengan 17 negara top Asia lainnya.

Selain itu, kans Indonesia untuk lolos semakin besar jika pemain-pemain keturunan berkualitas bergabung memperkuat Timnas. Nama-nama seperti Kevin Diks (FC Copenhagen), Mees Hilgers (FC Twente), Jairo Riedewald (Crystal Palace), Ole Romeny (FC Utrecht), dan Emil Audero (Inter Milan) bisa memberikan suntikan kekuatan yang signifikan. Kehadiran mereka akan meningkatkan kualitas permainan Timnas Indonesia secara keseluruhan.

Timnas Indonesia telah menunjukkan perkembangan yang pesat di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, peluang Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026 sangat terbuka.

Dukungan dari para penggemar sepak bola di Tanah Air juga menjadi faktor penting yang dapat memotivasi para pemain untuk memberikan performa terbaik mereka.

Secara keseluruhan, delapan negara Asia yang diprediksi lolos ke Piala Dunia 2026 memiliki peluang besar berdasarkan performa dan perkembangan mereka saat ini. Irak, Arab Saudi, Qatar, Australia, Korea Selatan, Iran, Jepang, dan Indonesia semuanya menunjukkan potensi besar untuk bersaing di level tertinggi sepak bola dunia. Dengan persiapan yang tepat dan dukungan penuh, mereka diharapkan bisa mewakili Asia dengan bangga di Piala Dunia 2026.

Bagi Indonesia, ini adalah momen yang sangat dinantikan. Keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2026 akan menjadi pencapaian monumental dan sejarah baru bagi sepak bola Indonesia. Dengan semangat juang dan kerja keras, impian untuk tampil di Piala Dunia bukanlah hal yang mustahil. Mari kita dukung terus Timnas Indonesia dan berharap mereka dapat mengukir prestasi gemilang di Piala Dunia 2026. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini