Kamis, 27 Januari 2022

GP Abu Dhabi, Balapan Perpisahan Kimi Raikkonen di Formula 1

Berita Terkait

Pembalap tim Alfa Romeo Kimi Raikkonen dalam sesi jumpa pers jelang Grand Prix Abu Dhabi, Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, UEA, Kamis (9/12/). (ANTARA/FIA/HO-VIA REUTERS)

batampos – Kimi Raikkonen mengaku tak sabar lagi untuk pensiun dari Formula 1 setelah 19 musim dan 349 balapan dilaluinya. Itu diungkapkannya saat jumpa pers pralomba menjelang seri pemungkas musim 2021 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Kamis (9/12).

Raikkonen adalah juara dunia Formula 1 pada 2007 bersama Ferrari. Dan adalah juara terakhir Ferrari di F1 sampai saat ini.

Pembalap Finlandia itu sekarang membalap untuk Alfa Romeo dan menyisakan satu balapan lagi di Abu Dhabi sebelum gantung helm di usia 42 tahun.

“Saya tak sabar lagi ingin menyelesaikan musim ini,” kata pembalap berjuluk Iceman itu di Sirkuit Yas Marina, seperti dikutip Reuters.

“Senang rasanya ini akan berakhir dan saya tak sabar lagi menjalani kehidupan normal setelah itu,” tandasnya.

“Saya rasa istri saya yang akan lebih emosional menghadapi itu,” kata sang pmebalap yang menjalani debut pada 2001 itu.

“Saya tak yakin anak-anak saya akan peduli dengan hal itu. Saya rasa mereka akan menemukan hal-hal lain yang lebih menarik dilakukan,” katanya santai.

Baca Juga: Komentar Max Verstappen atas Peringatan Pengurangan Poin

Raikkonen pada September lalu mengumumkan rencana untuk pensiun setelah musim 2021 usai. Sementara timnya telah merekrut Valtteri Bottas dari Mercedes sebagai pengganti.

Di balapan terakhir ini, Alfa Romeo memberi Raikkonen mobil dengan livery spesial yang bertuliskan “Dear Kimi, we will leave you alone now” pada mobilnya.

Kalimat itu terinspirasi dari ekspresi kekesalan dari Raikkonen “Jangan ganggu aku, aku tahu apa yang harus aku lakukan” lewat radio ketika menuju kemenangan di Abu Dhabi bersama tim Lotus pada 2012.

Ucapan itu pun menjadi viral dan sering dibuat meme di dunia F1. Bahkan bernilai komersial karena laku dijual sebagai merchandise.

Menjadi salah satu pembalap dengan fan terbanyak, Raikkonen mengungkapkan ia ingin segera hidup tanpa jadwal yang kaku. “Saat ini saya tidak ingin apa-apa selain menyelesaikan musim ini,” kata dia.

Selain Kimi, rekan satimnya di Alfa Romeo Antonio Giovinazzi juga kehilangan kursi balap F1 musim depan. Dia digeser pembalap Tiongkok Guanyu Zhou dari Formula 2. Giovinazzi sendiri akan berlaga di ajang Formula E musim depan. (*)

Reporter: Antara

Update