Kamis, 27 Januari 2022

Komentar Max Verstappen atas Peringatan Pengurangan Poin

Berita Terkait

Jos Verstappen (kiri) saat ngobrol dengan Max Verstappen. (Planet F1)

batampos – Race Director Formula 1 Michael Masi memperingatkan bahwa semua tindakan dan perilaku yang dianggap melanggar aturan atau tidak menjunjung tinggi sportivitas di GP Abu Dhabi bisa berujung pada pengurangan poin.

Menanggapi hal itu, pemimpin klasemen sementara pembalap Formula 1 2021 Max Verstappen berkomentar kethus.

Menurutnya, race director tidak perlu mengingatkan aturan yang sebenarnya sudah berlaku di setiap balapan. Dia menganggap semua pembalap sudah paham tentang aturan itu.

”Aku paham apa itu spoting code (aturan yang berlaku bagi pembalap), jadi tidak perlu lagi diingatkan,” jawabnya kethus dalam jumpa pers pralomba yang digelar Kamis (9/12) waktu Abu Dhabi.

”Aku pikir sudah memberlakukannya di setiap akhir pekan balapan. Jadi tidak ada yang baru untuk akhir pekan ini,” tandasnya.

Baca Juga: Abu Dhabi Tuan Rumah Formula 1 Hingga 2030

Verstappen sendiri merasa kecewa dengan keputusan dobel penalti yang dijatuhkannya di balapan sebelumnya GP Jeddah.

Pada balapan tersebut dia dijatuhi dua penalti waktu yakni 5 dan 10 detik. Masing-masing untuk manuver memotong jalur trek dan tabrakan dengan Lewis Hamilton.

Atas keputusan tersebut Verstappen pun murka. Dia memutuskan untuk tidak mengikuti perayaan selebrasi di podium GP Arab Saudi.

”Aku diperlakukan berbeda dari pembalap-pembalap lain. Aku dikenai penalti karena melakukan hal yang juga pernah dilakukan pembalap lain,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam pernyataan resmi jelang dimulainya rangkaian balapan besok, Race Director Michael Masi mengingatkan beberapa pasal yang bisa berujung pada pengurangan poin. Baik pembalap, tim, maupun konstruktor.

Pasal 9.15.1

”Kompetitor harus bertanggung jawab atas seluruh tindakan atau kelalaian yang dilakukan oleh setiap orang yang terlibat, atau memasok jasa terkait dengan kejuaraan. Termasuk pekerja mereka baik langsung maupun tidak langsung,”.

”(Di antaranya) pembalap, mekanik, konsultan, penyedia jasa, atau siapa saja yang memiliki akses ke area paddock,”

Pasal 12.2.1

”Pelanggaran apapun terhadap prinsip-prinsip keadilan dalam kompetisi, tindakan tidak sportif, atau upaya untuk memengaruhi hasil dari kejuaraan dengan cara yang bertolak belakang dengan etika olahraga ini,”

Pasal 12.4.5

”Untuk semua pelanggaran di kejuaraan FIA, stewards (pengawas balapan) bisa memutuskan untuk menjatuhkan penalti sebagai berikut: penangguhan di satu balapan atau lebih, pengurangan poin untuk kejuaraan, piala, trofi, atau seri,”

Pasal 12.4.5.a

”Pengurangan poin tidak terpisah dari raihan pembalap dan kompetitor lain, kecuali dalam kondisi tertentu,”

Catatan dari Masi kepada tim itu berarti FIA akan mengawasi dengan ketat apapun yang dianggap sebagai tindakan tidak sportif. Penalti tersebut akan langsung berpengaruh pada klasemen pembalap dan konstruktor. (*)

Reporter: JPGroup

Update