Rabu, 24 Juli 2024

Berlatih Taekwondo Sejak Usia 5 Tahun, Stevano Ukir Prestasi Sejak Dini

Berita Terkait

Stevano Wessley Halim (dobok merah) saat bertanding di kejuaraan 9TH Daedo Taekwondo Open Championship di Singapura.

batampos– Berlatih taekwondo sejak usia lima tahun, Stevano Wessley Halim meraih hasilnya. Ia menjuarai kejuaraan taekwondo hingga tingkat internasional. Stevano Wessley Halim adalah atlet taekwondo penyumbang emas bagi Indonesia dalam ajang bergengsi di Kejuaraan 9TH Daedo Taekwondo Open Championship yang diadakan di Our Tampines Hub-Community Auditorium Singapura pada tanggal 1 hingga 3 Desember 2023 lalu.

Atlet kelahiran Batam 12 Agustus 2012 ini telah mencetak prestasi gemilang sebagai atlet dengan permainan terbaik pada ajang kejuaraan tersebut. Stevano mendominasi laga. Banyak tendangan tepat sasaran. Berbuah poin. Bahkan saat pertandingan final melawan atlet dari Filipina, tendangan Stevano kena telak ke lawannya hingga membuat lawannya terjatuh dan berdarah di kejuaraan yang diikuti 350 an atlet dari berbagai negara itu.

Siswa kelas 6 Sekolah Dasar di Kaliban School Batam Centre itu mengatakan, dia mencintai dan menggemari taekwondo untuk bela diri, selain itu katanya, dia tertarik dengan taekwondo karena baginya taekwondo merupakan olah raga yang menyenangkan.

BACA JUGA: Taekwondo Kharisma Bangsa Gelar UKT, Lima Taewondoin Cilik Lulus Sabuk Hitam

Di bawah bimbingan pelatih dari Taekwondo Kharisma Bangsa, Master Siauw Lung Wu dan Master Soewito Trikusuman, Stevano selalu gigih dan disiplin dalam berlatih. Bahkan dirinya mengaku bisa ikut latihan 3 hingga 4 kali dalam seminggu. “Latihannya bisa tiga hingga 4 kali dalam seminggu,” ujar anak dari pasangan Tommy Halim dan Ernawati ini.

Stevano pertama kali tampil pada ajang kejuaraan luar negeri di International ePoomse Championship 2022, saat itu Stevano mendapatkan medali perak. Setelah itu, atlet taekwondo yang suka bermain bola ini semakin sering tampil di setiap kejuaraan baik itu kejuaraan tingkat daerah, nasional maupun internasional. Meskipun anak kedua dari tiga bersaudara ini pernah cedera saat bertanding tapi tak membuatnya gentar. Stevano tetap percaya diri dan berhasil keluar sebagai juara.

Berikut prestasi yang pernah diraih Stevano saat bertanding di kejuraan internasional yaitu, International ePoomse Championship 2022 mendapat medali perak, 8 th Daedo Taekwondo Open Championship 2022 mendapat medali perak, 9 th
Daedo Taekwondo Open Championship 2023 mendapat medali emas dan 9 th Daedo Taekwondo Open Championship 2023 mendapat Exemplary Performance dan medali emas.

Master Soewito Trikusuman mengatakan, semua prestasi-prestasi yang pernah diraih atlet Taekwondo Kharisma Bangsa berkat ketekunan anak didikya dalam berlatih. Dia juga mengatakan, semoga dengan semua prestasi tersebut bisa menjadi motivasi anak didiknya untuk terus berprestasi, supaya bisa selalu menjadi yang terbaik.

“Kami sebagai pelatih selalu fokus dan tidak pernah putus dalam menerapkan pembinaan secara terpusat dan berkesinambungan kepada para atlet agar dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” ujar pemegang sabuk hitam Dan V Kukkiwon itu.

Taekwondo Kharisma Bangsa merupakan klub taekwondo tertua di Batam, klub ini sudah berdiri sejak tahun 2007. Dan sudah banyak anak didiknya yang meraih prestasi di berbagai macam kejuaraan baik itu di tingkat daerah, nasional dan
internasional. (*)

Reporter: Iman

Update