Selasa, 29 November 2022

Tak Terkejar Lagi, Napoli Campione dell’anno

Berita Terkait

Dari kiri, bek kanan Giovanni Di Lorenzo, wide attacker Hirving Lozano, dan gelandang Eljif Elmas merayakan gol pertama SSC Napoli ke gawang Empoli FC di ajang Serie A kemarin dini hari (9/11) WIB. (TIZIANA FABI/AFP )

batampos – Selama ini, Serie A identik dengan penyebutan campione d’inverno (juara paro musim) yang biasanya disematkan di akhir tahun.

Untuk musim ini, predikat tersebut tidak bisa diberikan di pengujung tahun lantaran ada jeda Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sebagai gantinya, muncul campione del’anno alias juara tahunan ciptaan Corriere dello Sport.

Rabu dini hari (9/11) WIB status itu resmi disandang SSC Napoli setelah mengalahkan Empoli FC dua gol tanpa balas di Stadio Diego Armando Maradona.

Baca Juga: Bangkit Setelah Tertinggal, Manchester United Tekuk Aston Villa 4-2 Dalam Piala Liga

Serie A tahun ini tinggal menyisakan satu giornata atau pada akhir pekan nanti. Napoli dengan 38 poin dari 14 laga tidak akan terkejar lagi oleh juara bertahan AC Milan yang mengoleksi 30 poin.

Bahkan, Napoli bisa menyempurnakan campione dell’anno di kandang sendiri atau saat melawan Udinese (12/11).

Kemenangan atas Empoli kemarin menempatkan skuad asuhan Luciano Spalletti sebagai tim yang paling banyak menang (12 kali), tidak terkalahkan, dan paling produktif (mencetak 34 gol).

Untuk sektor pertahanan, Partenopei –sebutan Napoli– dengan kemasukan 10 gol kalah oleh Juventus (baru kemasukan 7 gol) dan SS Lazio (8 gol).

”Perjalanan (meraih scudetto Serie A, Red) masih sangat panjang. Masih banyak jebakan yang menanti kami. Harus tetap waspada dan fokus. Yang terpenting, para pemain harus selalu termotivasi secara tim, bukan individu,” ujar Spalletti kepada ANSA.

Baca Juga: Marc Marquez Sebut Motor Honda Tidak Akan Bisa Bersaing di Musim 2023

Spalletti lalu mengingatkan tentang jadwal terjal Partenopei begitu menjejak tahun baru.

Mereka harus melalui enam pertandingan hanya dalam 25 hari mulai 5 Januari 2023 hingga 30 Januari 2023. Perinciannya, 5 laga di Serie A dan 1 laga di Coppa Italia.

Tiga tim juga berpotensi mengganjal laju Napoli sekaligus mengancam status capolista mereka.

Masing-masing Inter Milan pada giornata ke-16 (5/1/2023) dan Juventus dua giornata kemudian (14/1/2023) serta AS Roma di giornata ke-20 (30/1/2023). (*)

 

 

 

Reporter: JPGroup

Update