Sabtu, 13 Agustus 2022

Sempat Alami Insiden 360, Verstappen Juara GP Hungaria

Berita Terkait

Max Verstappen merayakan kemenangan di Formula 1 GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Mogyorod, dekat Budapest (31/7/2022). (Attila KISBENEDEK / AFP)

batampos – Ketangguhan mobil dipadu dengan jitunya strategi Red Bull membawa Max Verstappen menjuarai GP Hungaria meski start dari posisi ”belakang”.

Start dari posisi ke-10 dan sempat mengalami spin di tengah balapan, dia tetap finis terdepan.

Pembalap Belanda tersebut menjadi kampiun GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring tadi malam. Itu adalah kemenangan kedelapannya musim ini.

’’Awalnya aku hanya berharap bisa finis mendekati podium. Tapi ternyata kami masih bisa menang meski dengan (insiden) 360,’’ ucap Verstappen dalam wawancara setelah balapan dilansir Crash.

Angka 360 yang dimaksud Verstappen itu adalah kejadian saat dia kehilangan kontrol dan mobilnya mengalami spin alias berputar 360 derajat pada lap 41.

Itu terjadi pada tikungan 13. Saat itu dia berada di posisi ketiga dan bertarung dengan Charles Leclerc, pembalap Ferrari.

Namun, setelah kejadian tersebut, Verstappen kembali bangkit. Dia merebut posisi ketiga lagi dari tangan Leclerc pada lap 45. Tak lama kemudian, momentum kemenangan juara bertahan F1 itu pun tiba.

Dua pembalap di depannya, yakni Carlos Sainz Jr (Ferrari) dan Lewis Hamilton (Mercedes), masing-masing mengambil pit stop pada lap 48 dan 51.

Sejak itu, Verstappen memimpin lomba dan tak terkejar sampai bendera finis berkibar pada akhir lap 70.

Podium kedua dan ketiga akhirnya dikuasai duo Mercedes, yakni Hamilton dan George Russell. Hasil ini sekaligus menjadikan penguasa podium 1, 2, dan 3 GP Hungaria kembar dengan hasil balapan GP Prancis pekan lalu.

’’Aku berusaha sekuat tenaga sejak awal. Terus mencoba mengejar para pembalap di barisan terdepan,’’ ucap Hamilton dilansir Crash.

Podium runner-up jadi yang kedua bagi Hamilton sepanjang musim ini. Raihan tersebut cukup positif jika mengingat Hamilton start dari posisi ketujuh.

Sebaliknya, Russell yang start dari pole position akhirnya malah harus puas finis di posisi ketiga.

’’Di awal balapan menggunakan ban soft, aku merasa sangat kuat. Namun, setelah berganti menggunakan medium dan hujan sedikit turun, aku sedikit bekerja lebih keras.”

”Namun, secara keseluruhan kami mengalami kemajuan,’’ ucap Russell dalam wawancara di parc ferme.

Bagi Verstappen, kemenangan tersebut sekaligus makin memantapkan posisinya sebagai pemuncak klasemen sementara pembalap.

Jarak poinnya dengan Leclerc saat ini makin jauh menjadi terpaut 80 angka. Leclerc sendiri finis di posisi keenam.

Bencana bagi Leclerc terjadi, lagi-lagi, karena buruknya strategi Ferrari. Tim strategis sempat meminta pembalap Monako tersebut untuk mengganti ban dengan hard.

Ternyata, performa ban tersebut sangat buruk. Membuat Leclerc kehilangan baanyak waktu. Akhirnya tim meminta kembali ke pit untuk mengganti ban lagi dengan soft. Namun semuanya sudah terlambat. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update