Sabtu, 13 Agustus 2022

Sadio Mane Cetak Gol, Bayern Menangi Piala Super Jerman

Berita Terkait

Penyerang Bayern Muenchen Sadio Mane meluapkan kegembiraan seusai mencetak gol ke gawang RB Leipzig dalam pertandingan Piala Super Jerman 2022 di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Sabtu (30/7). (Matthias Rietschel/Reuters/Antara)

batampos – Sadio Mane menandai debut resminya bersama Bayern Muenchen dengan sebuah gol. Mane membantu timnya memenangi Piala Super Jerman seusai mengalahkan RB Leipzig 5-3 di Stadion Red Bull Arena, Sabtu (30/7) waktu setempat (Minggu WIB).

Mane mencetak gol kedua Bayern yang meraih kemenangan disokong gol-gol lain dari Jamal Musiala, Benjamin Pavard, Serge Gnabry, dan Leroy Sane. Sedangkan Leipzig sempat menjanjikan kebangkitan setelah mencetak gol-gol balasan melalui Marcel Halstenberg, penalti Christopher Nkunku, dan sepakan Dani Olmo.

Kemenangan itu memantapkan posisi Bayern sebagai pengoleksi terbanyak Piala Super Jerman dengan catatan 11 kali. Bayern juga selalu berhasil memenangi Piala Super Jerman dalam tiga tahun terakhir, demikian catatan situs resmi DFB seperti dilansir dari Antara.

Bayern membuka keunggulan mereka melalui gol Musiala pada menit ke-14. Talenta berusia 19 tahun itu memanfaatkan kemelut di depan gawang Leipzig dalam situasi sepak pojok.

Mane lantas menggandakan keunggulan Bayern pada menit ke-31. Berawal dari umpan terobosan gemilang Musiala yang diteruskan Serge Gnabry ke muka gawang, Mane tinggal melakukan penyelesaian mudah untuk mencetak gol resmi perdananya bersama Bayern.

Bayern memantapkan keunggulan mereka 3-0 saat turun minum, berkat gol ketiga yang dicetak Benjamin Pavard tepat pada pengujung waktu normal babak pertama. Enam menit memasuki babak kedua Bayern nyaris memperoleh gol keempat ketika Gnabry melakukan aksi individual dari tengah lapangan, tapi sayang tembakan penyelesaiannya masih menyamping tipis di sisi gawang.

Leipzig memperkecil ketertinggalan mereka pada menit ke-59 ketika Halstenberg menanduk sepak pojok yang membuat kiper Manuel Neuer sama sekali gagal bereaksi. Namun, enam menit kemudian Bayern merestorasi keunggulan tiga gol mereka ketika Gnabry menyambar bola muntah hasil tembakan Thomas Mueller yang tak diantisipasi sempurna kiper Peter Gulacsi.

Tuan rumah memperoleh hadiah tendangan penalti pada menit ke-76 setelah Pavard melanggar Olmo di dalam area terlarang. Nkunku yang menjadi algojo sukses mengecoh Neuer untuk membuat kedudukan jadi 2-4.

Pada menit ke-85, Mane kembali berhasil menyarangkan bola ke gawang Leipzig, sayang kali ini golnya dianulir. Sebab penyerang asal Senegal itu sudah lebih dulu terjebak offside.

Semenit jelang bubaran waktu normal Olmo seperti memantik kebangkitan Leipzig ketika mencetak gol untuk mengubah kedudukan menjadi 3-4. Sayangnya, yang terjadi kemudian adalah Sane menyelesaikan sebuah situasi serangan balik dengan mencetak gol yang praktis mengunci kemenangan 5-3 bagi Bayern.

Bayern selanjutnya akan bertandang ke markas Eintracht Frankfurt pada Jumat (5/8) untuk membuka Liga Jerman 2022-2023. Sedangkan Leipzig dua hari kemudian bertamu ke kandang VfB Stuttgart. (*)

 

 

Reporter: Antara

Update