Rabu, 24 Juli 2024

Rifda Irfanaluthfi Catat Sejarah Lolos ke Olimpiade 2024

Berita Terkait

Pesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi beraksi di balok keseimbangan pada nomor tunggal putri semua alat (all round) Senam Artistik SEA Games 2021 Vietnam di Quan Ngua Sports Palace. ( ANTARA/Zabur Karuru)

batampos – Prestasi luar biasa kembali ditorehkan atlet Indonesia. Rifda Irfanaluthfi, pesenam putri berbakat, telah mencatatkan sejarah dengan lolos ke Olimpiade 2024 yang akan digelar di Paris.

Keberhasilan ini merupakan pencapaian besar bagi dunia olahraga senam Indonesia, mengingat ini adalah kali pertama dalam enam dekade seorang atlet senam dari Indonesia berhasil melangkah ke ajang Olimpiade.

Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani) mengapresiasi tinggi atas pencapaian Rifda. Sekjen PB Persani, Sri Sundari Kencana Ayu, menyatakan bahwa tidak ada target muluk yang dibebankan kepada Rifda.

“Proyeksi kami untuk Rifda ini mampu tampil sempurna saja sudah luar biasa mengingat yang turun ke Olimpiade adalah atlet-atlet top dunia,” ujarnya di Jakarta.

Rifda berhasil merebut tiket ke Olimpiade Paris 2024 setelah tampil impresif di World Artistic Gymnastics Championship 2023 yang digelar di Antwerp, Belgia, pada Oktober 2023. Keberhasilan ini menjadi kebanggaan besar tidak hanya bagi PB Persani, tetapi juga bagi seluruh masyarakat Indonesia yang telah menanti lama momen bersejarah ini.

Tidak dipungkiri bahwa tantangan besar sudah menanti Rifda di Olimpiade nanti. Lawan-lawannya adalah pesenam-pesenam terbaik dunia dari Amerika, Eropa, dan negara-negara lainnya yang memiliki tradisi kuat dalam olahraga senam. Namun, hal ini tidak mengurangi optimisme PB Persani terhadap kemampuan Rifda.

“Yang penting dia tampil melakukan yang terbaik untuk semua gerakan. Jika nanti bisa menembus hingga mendapatkan medali, apa pun itu pasti sangat kita apresiasi,” tambah Sri Sundari.

Saat ini, Rifda sedang menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) yang difasilitasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk para atlet yang akan bertanding di Olimpiade. Latihan intensif ini diharapkan dapat mempersiapkan Rifda secara maksimal menghadapi persaingan ketat di Paris nanti.

Sri Sundari menyatakan optimismenya terhadap Rifda yang memiliki motivasi tinggi untuk tampil di Olimpiade. “Dari awal Rifda sudah sangat ingin tampil di Olimpiade, sehingga ini menjadi kesempatan berharga untuk menunjukkan penampilan terbaiknya,” katanya.

Lolosnya Rifda ke Olimpiade merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi yang tinggi. Ini menjadi momentum penting bagi olahraga senam di Indonesia untuk semakin berkembang dan meraih prestasi di kancah internasional.

Dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia sangat diperlukan agar Rifda dapat memberikan penampilan terbaiknya dan mungkin, membawa pulang medali dari Paris. (*)

SourceJPGroup

Update