Rabu, 24 Juli 2024

Rekap Hasil Euro 2024: Belgia Lolos dari Lubang Jarum

Berita Terkait

Portugal harus takluk di pertandingan terakhir setelah dipecundangi oleh Georgia yang statusnya sebagai tim debutan. (portugal)

batampos – Fase grup Euro 2024 telah rampung digelar pada Kamis (27/6) dini hari WIB. Babak penyisihan grup matchday ketiga memberikan kejutan besar, terutama dari Grup E dan Grup F yang menyuguhkan drama tak terduga. Inilah rekap hasil lengkapnya.

Grup E menjadi grup terakhir yang dipertandingkan pada Rabu malam waktu setempat, namun hasilnya justru mengecewakan. Grup yang terdiri dari Belgia, Rumania, Slovakia, dan Ukraina ini seolah kehilangan bumbu persaingan yang ketat. Setelah saling mengalahkan di dua laga awal, mereka kini hanya mampu bermain imbang di laga pamungkas.

Slovakia menahan imbang Rumania dengan skor 1-1. Slovakia membuka skor lewat gol Ondrej Duda pada menit ke-24, namun Rumania berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Razvan Marin pada menit ke-37. Pertandingan ini berjalan tanpa gol tambahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Sementara itu, Belgia yang dijagokan meraih kemenangan justru bermain imbang tanpa gol melawan Ukraina. Meskipun Belgia mendominasi penguasaan bola dan menciptakan beberapa peluang, mereka gagal menembus pertahanan solid Ukraina.

Hasil imbang ini membuat Grup E menjadi hambar dan membuat Rumania, Belgia, dan Slovakia lolos ke babak 16 besar. Malangnya, Ukraina harus tersingkir karena kalah selisih gol walau ketiga pesaing lain memiliki poin serupa (4).

Beralih ke Grup F, hasil mengejutkan datang dari laga antara Georgia dan Portugal. Georgia, tim debutan yang tidak diunggulkan, tampil mengesankan kala berduel dengan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Dalam pertandingan di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Georgia secara jenius membuat Portugal tak berdaya sejak awal pertandingan. Tim berjuluk Jvarosnebi tersebut melakukan serangan balik cepat yang sukses menghasilkan gol pada menit kedua. Khvicha Kvaratskhelia menjadi pahlawan dengan gol cepatnya yang membobol gawang Diogo Costa.

Pada menit ke-57, Georgia menggandakan keunggulan melalui penalti Georges Mikautadze, yang dieksekusi dengan sempurna. Portugal berusaha bangkit, namun usaha mereka selalu kandas di tangan pertahanan solid Georgia. Kemenangan 2-0 ini memastikan Georgia mencetak sejarah sebagai tim debutan yang langsung melenggang ke babak 16 besar. Mereka akan menantang Spanyol di fase knock-out.

Hasil mengejutkan juga datang dari pertandingan antara Republik Ceko dan Turki. Ceko, yang sempat menyamakan kedudukan melalui gol Tomas Soucek pada menit ke-66, akhirnya harus mengakui keunggulan Turki setelah Cenk Tosun mencetak gol kemenangan pada menit ke-90+4. Turki keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1, meski Ceko harus bermain dengan sepuluh orang setelah Tomas Chory mendapatkan kartu merah pada menit ke-90+8.

Atas hasil ini, Grup F meloloskan tiga tim yakni Portugal, Turki, dan Georgia. Portugal, meski kalah dari Georgia, tetap lolos sebagai juara grup karena hasil dari pertandingan sebelumnya.

Penampilan impresif dari beberapa tim membuat persaingan di babak knock-out semakin menarik. Belgia yang nyaris tersingkir berhasil lolos dari lubang jarum dengan bermain imbang melawan Ukraina. Rumania dan Slovakia juga menunjukkan performa yang stabil, membuat persaingan di Grup E menjadi salah satu yang paling ketat.

Di sisi lain, performa gemilang Georgia dan Turki di Grup F menambah warna tersendiri di Euro 2024. Georgia yang tampil sebagai tim debutan mampu menunjukkan bahwa mereka tidak bisa diremehkan. Kemenangan atas Portugal menjadi bukti bahwa mereka siap bersaing di level tertinggi. Turki juga menunjukkan kualitas mereka dengan mengalahkan Ceko di laga pamungkas.

Babak 16 besar Euro 2024 akan menyuguhkan pertandingan-pertandingan menarik, dengan tim-tim besar dan kejutan dari tim-tim underdog. Mampukah Georgia melanjutkan keajaibannya? Akankah Belgia kembali menunjukkan kekuatannya setelah lolos dari lubang jarum? Semua ini akan terjawab di fase knock-out yang penuh dengan drama dan tensi tinggi.

Euro 2024 kembali membuktikan bahwa sepak bola adalah olahraga yang penuh kejutan dan ketidakpastian. Setiap pertandingan menghadirkan cerita baru, dengan pahlawan-pahlawan yang mungkin tak terduga sebelumnya. Mari kita saksikan bersama, siapa yang akan keluar sebagai juara di turnamen bergengsi ini. (*)

Selain kejutan dari Grup E dan Grup F, berikut adalah rekap hasil Euro 2024 matchday ketiga:

Swiss 1-1 Jerman (Ndoye 28′ – Fullkrug 90+2′)

Skotlandia 0-1 Hungaria (Csoboth 90+10′)

Albania 0-1 Spanyol (Torres 13′)

Kroasia 1-1 Italia (Luka Modric 55′ – Zaccagni 90+8′)

Inggris 0-0 Slovenia

Denmark 0-0 Serbia

Belanda 2-3 Austria (Cody Gakpo 47′; Depay 75′ – Malen 6′; Schmid 59′; Sabitzer 80′)

Prancis 1-1 Polandia (Mbappe 56′ – Lewandowski 79′)

Slovakia 1-1 Rumania (Duda 24′ – Marin 37′)

Ukraina 0-0 Belgia

Georgia 2-0 Portugal (Kvaratskhelia 2′; Mikautadze 57′)

Ceko 1-2 Turki (Soucek 66′ – Calhanoglu 51′; Cenk Tosun 90+4′)

SourceJPGroup

Update