Ragnar Oratmangoen, Striker Baru Timnas Indonesia Harapan Shin Tae-yong

0
41
Ragnar Oratmangoen saat berbuka puasa di tengah laga Fortuna Sittard. (Instagram/ragnar oratmangoen)
Ragnar Oratmangoen saat berbuka puasa di tengah laga Fortuna Sittard. (Instagram/ragnar oratmangoen)

batampos – Bersama Thom Haye, Ragnar Oratmangoen akhirnya resmi menjadi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) secara utuh dan dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Pemain Fortuna Sittard itu baru saja disumpah menjadi menjadi WNI di kantor Kemenkumham pada Senin (18/3) malam WIB. Hal tersebut disampaikan Arya Sinulingga selaku Exco PSSI.

“Terima kasih kepada Kanwil Kumham DKI Jakarta, serta Disdukcapil Jakarta. Setelah sumpah tadi, sekarang sedang proses pembuatan KTP dan pembuatan paspor,” kata Arya.

Proses naturalisasi Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye sempat tertunda, sebab DPR belum meresmikan dokumen perpindahan kewarganegaraan mereka.

Pofil Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen adalah pemain sepak bola yang bermain untuk klub Eredivisie (kasta tertinggi Liga Belanda), Fortuna Sittard.

Darah Indonesia mengalir dalam tubuh pemain yang memiliki nama lengkap Ragnar Anthonius Maria Oratmangoen, karena dia memiliki keturunan Maluku dari kakeknya.

Diketahui Oratmangoen adalah salah satu marga di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. Marga ini tetap melekat pada diri Ragnar, meski dia lahir dan besar di Belanda.

Pada 16 November 2023, Ragnar Oratmangoen melakukan kunjungan ke Indonesia bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Tujuan kedatangannya ke Indonesia adalah untuk menyaksikan pertandingan antara Timnas Indonesia U-17 melawan Maroko U-17 di ajang Piala Dunia, yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Kepada pencinta sepak bola Indonesia, Erick Thohir memperkenalkan Ragnar Oratmangoen, sebagai pemain yang siap untuk membela Timnas Indonesia.

“Selamat datang di Indonesia, Ragnar Oratmangoen! Ragnar yang bermain di kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie bersama Fortuna Sittard punya komitmen untuk membela Merah Putih. Semoga Ragnar bisa ikut memberikan kontribusi untuk sepak bola Indonesia,” tulis Erick Thohir di Instagram, Minggu (19/11/2023).

Ragnar Oratmangoen memulai karier profesionalnya di klub divisi kedua Liga Belanda, FCC OSS, pada musim 2017/2018.

Selama periode 2019/2021, dia menjadi bagian dari SC Cambuur sebelum akhirnya pindah ke Go Ahead Eagles pada tahun berikutnya.

Pada akhir 2022, Ragnar Oratmangoen bergabung dengan skuad FC Groningen di Belanda.

Sebagai langkah lanjutan dalam kariernya, dia dipinjamkan ke Fortuna Sittard, sebuah klub yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Belanda, untuk mendapatkan pengalaman dan jam terbang lebih. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini