Sabtu, 3 Desember 2022

Preview Meksiko Vs Polandia : Peluang Bagi Robert Lewandowski

Berita Terkait

Pemain tim nasional Polandia merayakan keberhasilan mereka lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan Swedia 2-0. (Kacper Pempel/Reuters/Antara)

batampos – Karier Robert Lewandowski bisa dibilang sempurna. Nyaris semua gelar pernah dirasakannya. Mulai dari Meisterschale, Liga Champions, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia Antarklub. Hanya minus Ballon d’Or. Predikat pencetak gol terbanyak di berbagai ajang juga pernah dimenanginya.

Tetapi, rentetan trofi itu hanya berlaku di level klub. Di level internasional, striker FC Barcelona itu melempem. Itu bisa dimaklumi lantaran Lewy –sapaan Lewandowski– hanya memperkuat Polandia. Tetapi, tolok ukur performanya bukan sekadar dari trofi. Melainkan juga dari statistik personal.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Akui Tak Menyesal Lakukan Wawancara Kontroversial

Ya, keran gol striker 34 tahun itu bahkan belum mengalir di Piala Dunia. Dari tiga laga pada fase grup edisi 2018 yang sekaligus jadi debutnya di Piala Dunia, Lewandowski yang sudah jadi kapten Polandia ternyata nirgol.

Nah, peluang bagi top caps dengan 76 laga serta top scorer sepanjang masa Polandia dengan 134 gol itu hadir malam ini melawan Meksiko (siaran langsung SCTV/Vidio/mOji TV pukul 23.00 WIB).

Sebagai komparasi, buruknya performa mantan striker Borussia Dortmund dan Bayern Munchen itu bersama Biało-czerwoni ternyata hanya berlaku pada putaran final Piala Dunia.

Ketika kualifikasi, Lewandowski kembali ke setelan klub. Yakni, mencetak 30 gol dan 11 umpan gol dari 37 pertandingan.

”Di Rusia (host Piala Dunia 2018, Red) aku merasa tidak nyaman. Tetapi, di sini berbeda. Aku beberapa kali ke sini (Qatar, Red) dan sekarang makin nyaman,’’ papar Lewandowski seperti dilansir Sky Sports.

Meski terkesan biasa saja di Qatar, Lewandowski seharusnya tidak bisa tenang jika masih melempem di Piala Dunia.

Sebab, ada dua striker yang lebih muda darinya yang siap menggantikannya. Yakni, Arkadiusz Milik dan Krzysztof Piatek. Mereka berada di usia emas, 28 tahun dan 27 tahun.

Bahkan, bukan tidak mungkin mereka bisa jadi supersub pada Piala Dunia kali ini jika usaha Lewandowski mentok.

Baca Juga: Belanda Benamkan Senegal 2-0, Puncaki Klasemen Grup A

Empat tahun lalu, Polandia tetap memaksakan Lewandowski main penuh di tiap matchday meski sadar bahwa usahanya mencetak gol sia-sia. Hal itu bisa berganti kali ini.

”Aku tidak mengiyakan ini (Piala Dunia Qatar, Red) jadi yang terakhir bagiku meski aku selalu menyiapkannya seolah jadi yang terakhir.”

”Tetapi, aku merasa masih bisa tampil empat tahun lagi,’’ ucap Lewandowski yang secara implisit mengatakan bahwa peluangnya untuk tergeser masih sangat kecil.

Perkiraan Pemain

Meksiko (4-3-3): 13-Ochoa (g); 26-Kevin Alvarez, 5-Vasquez,5-Moreno, 6-Arteaga; 4-Edson Alvarez, 18-Guardado (c), 8-Rodriguez; 22-Lozano, 9-Jimenez, 10-Vega

Pelatih: Gerardo Martino

Polandia (3-5-2): 1-Szczesny (g); 15-Glik, 14-Kiwior, 5-Bednarek; 2-Cash, 10-Krychowiak, 17-Zurkowski, 20-Zielinski, 21-Zalewski; 19-Szymanski, 9-Lewandowski (c)

Pelatih: Czesław Michniewicz

Asian Handicap: 0:0

 

 

Reporter: JPGroup

Update