Selasa, 27 Februari 2024

Perpisahan Pahit Marquez dan Persaingan Juara Dunia MotoGP 2023 yang Antiklimaks

Berita Terkait

Francesco Bagnaia (Peco) dinobatkan sebagai juara dunia MotoGP 2023. (Laman resmi Ducati)

batampos – Ajang MotoGp 2023 resmi berakhir di Sirkuit Valencia. Sarat gengsi dan penuh drama mewarnai perlombaan di Spanyol tersebut, terutama bagi Marc Marquez, Francesco Bagnaia, dan Jorge Martin.

Sirkuit Valencia akan menjadi perpisahan Marc Marquez dengan tim Honda yang sudah berjalan selama 11 tahun. Sementara itu, sirkuit tersebut juga menjadi ajang perebutan juara dunia antara Francesco Bagnaia dan Jorge Martin.

Sayangnya, hasil MotoGP Valencia berakhir antiklimaks. Hal ini dikarenakan persaingan gelar telah berakhir sejak awal balapan dimulai.

Dimulai dari pole position terlebih dahulu. Peco (Sapaan akrab Francesco Bagnaia) harus memulai balapan dari posisi dua di bawah Maverick Vinales.

Sementara itu, Jorge Martin menempati posisi enam dan Marc Marquez di posisi sembilan.

Balapan dimulai dengan sengit. Jorge Martin tiba-tiba merangkak ke posisi dua dan mulai mengejar Peco.

Tidak berselang lama, Martin melakukan kesalahan karena menyenggol Peco yang mengakibatkan posisinya turun ke nomor delapan pada lap ketiga.

Petaka kemudian muncul sekaligus membuat persaingan juara dunia menjadi antiklimaks.

Martin yang berusaha mengejar harus memupus harapannya menjadi nomor satu. Dia terpaksa keluar dari balapan karena bertabrakan dengan Marc Marquez.

Bencana ini terjadi pada lap keenam. Marc Marquez tergelincir di lintasan tikungan empat akibat ban motornya ditabrak Martin.

Karena posisi mereka saling berdekatan, Martin juga ikut terjatuh yang membuat mimpinya pupus.

It’s over!,” ucap komentator MotoGP Valencia setelah melihat Martin terjatuh di lintasan balapan.

Praktis, Peco sudah dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2023. Persaingan juara dunia yang dinilai kurang memuaskan karena diumumkan sejak awal balapan.

Ini merupakan gelar back-to-back bagi Peco di ajang MotoGP. Selain itu, hal ini semakin membuktikan Ducati sebagai kekuatan besar di MotoGP setidaknya sampai tahun depan.

“Saya sangat bahagia. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada tim yang melakukan pekerjaan luar biasa,” ucap Peco setelah menjadi juara dunia dilansir dari laman resmi Ducati.

“Tahun lalu, saya ingat ketika kita bersama penggemar seluruh dunia merayakan kemenangan di MotoGP dan WorldSBK. Hari ini, kita merayakannya kembali dengan kondisi yang luar biasa,” komentar CEO Ducati, Claudio Domenicali dilansir dari laman resmi Ducati.

Sementara itu, hasil balapan di Valencia menjadi perpisahan pahit bagi Marc Marquez. Rider yang dijuluki Baby Alien gagal memberikan kenangan manis bagi Honda setelah menjalin kerja sama selama 11 tahun.

Setelah berpisah dengan Honda, Marc Marquez akan bergabung dengan tim Gresini guna bersaing di MotoGP 2024. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update