Selasa, 27 Februari 2024

Penentuan Juara Dunia MotoGP 2023 di Valencia

Berita Terkait

Binder (33), Martin (89), Marquez (93)./ Sumber: MC News

batampos – Pembalap asal Spanyol, Jorge Martin mengalahkan Binder dan Marc Marquez untuk meraih kemenangan di Tissot Sprint. Sementara perebutan gelar juara menanti pada balapan terakhir MotoGP pada hari ini, Minggu (26/11).

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Juara Dunia MotoGP 2023 akan ditentukan pada hari Minggu ini di Gran Premio Motul de la Comunitat Valenciana setelah Jorge Martin (Prima Pramac Racing) merebut kemenangan Tissot Sprint untuk memangkas keunggulan gelar Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) menjadi 14 poin.

Pembalap Italia itu finis di posisi P5 untuk meraih poin penting, sementara Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) dan Marc Marquez (Repsol Honda Team) berhasil meraih podium di Sprint terakhir tahun 2023.

Bagnaia mendapatkan peluncuran yang luar biasa dari P2 untuk merebut posisi terdepan di Tikungan 1, sementara Martin juga berhasil lolos dengan baik.

Maverick Viñales (Aprilia Racing) segera membalas di Tikungan 2 dengan serangan yang terlambat terhadap Pecco saat Brad Binder hampir tergelincir di sisi dalam Martin.

Pada Lap 1, Tikungan 11 adalah saat Martin berhasil menyalip Pecco. Sedangkan Binder, saat melakukan cutback, berhasil menyalip keduanya dan masuk ke Tikungan 12.

Begitu pula Marc Marquez yang melaju dengan cepat. Tiba-tiba, Bagnaia melesat dari posisi P2 ke P5 hanya dalam waktu dua tikungan.

Martin segera kembali melewati Marquez dan menyaksikan Bagnaia jatuh ke dalam cengkeraman grup di belakangnya, termasuk Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™), pembalap asal Prancis yang melakukan start yang fenomenal.

Namun, dengan sembilan putaran tersisa, Sprint Quartararo berakhir saat ia berusaha menyalip Pecco di Tikungan 6. Bagian depan motor Yamaha-nya terlepas dan hanya itu yang bisa ia lakukan untuk El Diablo pada hari Sabtu.

Posisi di depan, empat besar terkunci bersama Viñales, Binder, Martin, dan Marc Marquez.

Binder dan Viñales semakin sibuk dengan delapan lap tersisa dan mengintai di belakangnya adalah Martin.

Pada tahap ini, Bagnaia terpaut 1,6 detik dari Martin – dan pembalap Italia itu memiliki Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) dan Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP™) di belakangnya.

Tujuh putaran lagi. Sekarang, Binder memimpin. Marquez menunjukkan kemudi kepada Martin di Tikungan 6 saat keduanya bersenggolan.

Tanpa gentar, Martin kemudian melaju melewati Viñales untuk meraih posisi P2 di Tikungan 1 dengan enam lap tersisa dan seperti yang sudah diduga, Marquez tidak membuang waktu untuk mengejar Binder dan Martin.

Dengan lima setengah lap tersisa, sebuah momen besar terjadi, Martin berhasil merebut posisi P1. Binder melebar di Tikungan 10 dan membiarkan pintu terbuka lebar, dan Martin melewatinya dengan mudah.

Lima putaran lagi. Saat ini, jarak di Kejuaraan adalah 14 poin antara pemimpin Sprint, Martin, dan Pecco yang berada di posisi kelima.

Di Giannantonio telah melewati Bezzecchi dan terlihat mengancam di belakang Bagnaia, dengan Martin yang masih terus menempel Binder.

Tiga putaran lagi. Binder tidak cukup dekat untuk menyalip Martin, namun ia masih terlalu dekat untuk merasa nyaman. Marquez tertinggal setengah detik di belakang, dan Viñales terus dikejar oleh Bagnaia, Di Giannantonio dan Bezzecchi.

Pada lap terakhir, Martin memimpin Binder dengan selisih waktu 0,3 detik dengan Bagnaia yang masih menempel Di Giannantonio di belakangnya.

Di pertengahan lap, Binder masih belum cukup dekat. Tikungan 10 berlalu dengan Martin masih memimpin dan KTM juga tidak cukup dekat dengan Binder di tikungan terakhir.

Martin membalap dengan gemilang untuk mengamankan 12 poin terpenting dalam karirnya, sementara Binder dan Marc Marquez yang tampil impresif meraih podium Valencia Sprint.

Kejuaraan Dunia MotoGP™ akan ditentukan pada hari Minggu (26/11) di Valencia. 14 poin dibutuhkan di dalamnya, Pecco vs Martin akan menjadikan sore yang luar biasa yang akan dihadapi.

Balapan MotoGP dapat disaksikan pada pukul 14:00 waktu setempat (GMT+1) untuk melihat siapa yang akan dinobatkan sebagai Raja MotoGP 2023. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update