Rabu, 24 Juli 2024

Pembagian Pot Drawing Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Skuad Garuda di Pot Terbawah

Berita Terkait

Punggawa Timnas senior Indonesia. (Vidio)

batampos – Timnas Indonesia telah memastikan langkah menuju putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda menempati pot enam saat drawing pembagian grup.

Timnas Indonesia lolos ke putaran 3 setelah menaklukkan Filipina 2-0 pada laga terakhir grup F, Selasa (11/6) malam WIB, di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Selain lolos ke putaran ketiga, skuad Garuda juga memastikan tempat untuk tampil dalam Piala Asia 2027 di Arab Saudi tanpa menjalani babak kualifikasi.

Pada fase putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia, Indonesia akan bersaing dengan 17 negara memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026. Sebanyak 18 tim tersebut akan dibagi menjadi tiga grup dengan masing-masing diisi enam tim.

Dua tim teratas setiap grup akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2026 yang bakal diselenggarakan di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada dua tahun lagi.

Sebelum pembagian grup, akan dilakukan pembagian pot drawing didasarkan ranking FIFA setiap negara. Dikutip melalui akun X Footy Rankings yang rutin memberikan update ranking FIFA setiap negara, Timnas Indonesia yang memiliki ranking terendah dipastikan menempati pot terbawah 6 bersama dengan Korea Utara dan juga Kuwait.

Pot 1 diisi negara yang memiliki peringkat tertinggi yaitu Jepang, Iran, dan Korea Selatan. Begitu pula pada pot 2 dan berikutnya diisi tim-tim yang memiliki ranking di atas Indonesia.

Daftar Pembagian Pot Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pot 1 : Jepang, Iran, Korea Selatan

Pot 2 : Australia, Qatar, Irak

Pot 3 : Arab Saudi, Uzbekistan, Yordania

Pot 4 : Uni Emirat Arab, Oman, Bahrain

Pot 5 : Tiongkok, Palestina, Kirgistan

Pot 6 : Korea Utara, Indonesia, Kuwait

Drawing penentuan grup pada fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 27 Juni. Sedangkan, pertandingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dimulai pada 2 September hingga 10 Juni 2025 dengan menggunakan sistem kompetisi penuh home and away. (*)

 

SourceJPGroup

Update