Kamis, 27 Januari 2022

Meski Tanpa Rossi Tim VR46 Kembali Finis Podium di Gulf 12 Jam

Berita Terkait

Dari kiri: Luca Marini, David Fumanelli, dan Alessio Salucci merayakan podium di ajang Gulf 12 Jam. (instagram)

batampos – Tanpa diperkuat Valentino Rossi, tim VR46-Ferrari finis di posisi kedua pada kategori Pro Am dan naik ke podium ketiga klasemen keseluruhan pada ajang balapan ketahanan Gulf 12 Hours (Jam) di Abu Dhabi.

Rossi terpaksa mundur pada detik-detik terakhir sebelum rangkaian balapan dimulai setelah dinyatakan mengalami kontak erat dengan seseorang yang tertular Covid-19.

Dia kemudian harus melakukan isolasi mandiri dan digantikan oleh pembalap profesional Italia David Cleto Fumanelli. Maka, line up pembalap VR46 menjadi Luca Marini (adik tiri Rossi), Alessio Salucci (sahabat Rossi), dan Fummaneli.

Start dari posisi keempat di grid, untuk rata-rata capaian waktu lap, VR46 finis di posisi kelima secara keseluruhan pada 6 jam pertama balapan siang.

Mereka berada di antara empat mobil yang bersaing untuk merebut posisi kedua pada kategori Pro Am. Tertinggal satu lap dari pemimpin balapan, yakni mobil nomor 66 dari tim Seas Motorsport Mercedes.

Persaingan berlanjut di awal paro kedua 6 Jam berikutnya yang berlangsung pada malam hari alias night race.

Fummaneli yang mencetak waktu kualifikasi tercepat pada Jumat sukses memperpendak jarak dengan mobil SPS Mercedes nomor 88 dalam memperebutkan podium ketiga.

Pada bagian akhir balapan mobil nomor 66 mengalami masalah dengan bagian floor-nya. Meski begitu mobil tersebut masih tetap mampu finis di posisi kedua di belakang rekan satu timnya mobil nomo 1 di kategori Por-class Mercedes yang mendominasi kedua balapan.

Mobil Mercedes pun terpaksa harus pit stop untuk memperbaiki mobil.

Kehilangan waktu pada saat perbaikan itu membuat mobil nomo 88 dan 46 naik satu peringkat dan finis 1-2 secara berurutan di kelas Pro Am.

Keduanya juga finis di posisi 2-3 di kategori overall (untuk kategori Pro-class dan Pro Am).

Sudah dua kali VR46 finis podium di ajang Gulf 12 Jam. Pada edisi 2019, mereka memenangi kategori Pro-Am dan finis ketiga secara overall.

Tahun lalu, mereka finis runner up di kelas Pro Am, namun gagal berdiri di podium secara overall setelah finis di posisi keempat klasemen akhir. (*)

Reporter: JPGroup

Update