Menghitung Peluang Garuda Muda Menuju 8 Besar Piala Asia U-23 2024

0
61
Timnas Indonesia U-23 berlatih di Dubai, Uni Emirat Arab untuk persiapan Piala Asia U-23 2024 di Qatar. (PSSI/Antara)
Timnas Indonesia U-23 berlatih di Dubai, Uni Emirat Arab untuk persiapan Piala Asia U-23 2024 di Qatar. (PSSI/Antara)

batampos – Pada Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia tergabung dalam Grup A. Garuda Muda akan menghadapi tuan rumah Qatar, Australia, dan Jordania. Persaingan di grup itu diprediksi bakal sengit mengingat kualitas lawan-lawan yang akan dihadapi.

Bagaimana peluang Garuda Muda untuk melangkah ke babak 8 besar? Mari kita hitung peluangnya.

Persaingan di Piala Asia U-23 tidak hanya untuk meraih gelar juara, tetapi juga untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris 2024 Zona Asia. Tiap pertandingan di fase grup memiliki arti yang sangat penting bagi setiap tim.

Garuda Muda akan memulai perjuangan di Qatar mulai 15 April hingga 3 Mei. Di fase grup, mereka dijadwalkan menghadapi Qatar U-23, Jordania U-23, dan Australia U-23. Untuk melangkah ke babak 8 besar, target minimal yang harus dicapai adalah finish di posisi 2 besar klasemen Grup A.

Untuk mencapai target tersebut, Garuda Muda harus meraih setidaknya 2 kemenangan dari 3 laga yang dijalani. Namun, jika mereka gagal melakukannya, perolehan gol yang dicetak serta hasil tim lain di Grup A akan menjadi faktor penentu. Itu menunjukkan betapa pentingnya setiap gol dan setiap hasil pertandingan dalam menentukan nasib tim.

Meski sulit, peluang Garuda Muda untuk lolos dari fase grup tetap terbuka lebar. Mereka diperkuat sejumlah pemain berpengalaman yang tampil bersama Timnas senior di Piala Asia 2024. Pengalaman itu diharapkan dapat memberikan keunggulan tambahan bagi skuad Garuda Muda dalam menghadapi lawan-lawan tangguh di Piala Asia U-23.

Format kompetisi Piala Asia U-23 2024 terbagi menjadi dua jenis. Yakni sistem grup setengah kompetisi dan sistem gugur. Di fase grup, setiap tim dijadwalkan untuk menjalani 3 pertandingan dengan sistem poin seperti biasa. Setiap kemenangan mendapat 3 poin, hasil seri 1 poin, dan kekalahan tidak mendapat poin.

Dalam penentuan peringkat di fase grup, poin total dari 3 pertandingan akan menjadi faktor utama. Jika terdapat tim yang memiliki poin sama, penentuan peringkat akan dihitung berdasar head to head pertemuan antara dua tim. Jika masih imbang, selisih gol akan menjadi kriteria penentu berikutnya. Jika selisih gol juga sama, jumlah kemenangan tertinggi akan menjadi faktor penentu berikutnya.

Setelah fase grup selesai, 2 tim yang lolos dari setiap grup akan melaju ke fase knock out babak 8 besar. Di fase ini, pertandingan tunggal untuk memperebutkan tiket ke babak semifinal, kemudian final.

Jadwal pertandingan Timnas U-23 Indonesia di fase grup Piala Asia U-23 2024.

Senin (15/4) pukul 22.30 WIB

Qatar vs Timnas U-23 Indonesia

Kamis (18/4) pukul 20.00 WIB

Timnas U-23 Indonesia vs Australia

Minggu (21/4) pukul 22.30 WIB

Jordania vs Timnas U-23 Indonesia

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini