Rabu, 25 Mei 2022

Max Verstappen Juara Formula 1 2021

Berita Terkait

Max Verstappen juara dunia Formula 1 2021. (AFP)

batampos – Setelah bertarung dengan semua kemampuan dan memanfaatkan beberapa peluang yang nyaris impossible, Max Verstappen akhrinya sukses mengalahkan Lewis Hamilton di seri penentuan gelar juara Formula 1 2021 di GP Abu Dhabi.

Balapan selama 58 lap tersebut mayoritas didominasi Hamilton. Namun ditentukan di lap terakhir oleh Verstappen.

Kemenangan tersebut sekaligus menabalkan Verstappen sebagai juara baru F1. Gemuruh sorakan dari grand stand pun bergelora begitu Verstappen melintasi garis finis.

Dominasi Lewis Hamilton dimulai dari start yang bagus.

Tikungan 6 Verstappen salip Hamilton terjadi senggolan.

Race Director Michael Masi meminta Verstappen mengembalikan posisi pimpinan lomba ke Verstappen.

Red Bull terus memprotes race director sepanjang balapan. Tapi mereka memastikan bahwa tidak perlu ada investigasi terkait insiden tersebut.

Dalam 10 lap Hamilton sudah memimpin 2,5 detik di depan Verstappen. Sementara Verstappen mulai mengeluhkan cengkeraman ban belakangnya yang sudah bekurang.

Lap 13 Verstappen pit untuk kali pertama. Memasang ban hard.

Hamilton merespon dengan melakukan pit di lap berikutnya dan memasang ban hard. Dia kembali ke di belakang Carlos Sainz (Ferrari).

Sergio Perez (Red Bull) memimpin lomba dan langsung diperintahkan Red Bull untuk melaksanakan Plan B. Artinya dia harus menghadang laju Hamilton sekuat-kuatnya.

Lap 20-21 Perez menghadang Hamilton dengan sangat-sangat baik.

Meski berhasil melewati Perez, Verstappen sudah mendekat sekitar 2 detik saja di belakang Hamilton.

Setelah itu, Perez menyerahkan posisi kedua kepada Verstappen. ’’Perez is a legend (Perez sangat hebat),’’ puji Verstappen kepada rekan setimnya itu melalui radio.

Kimi Raikkonen mengalami kerusakan pada remnya dan menabrak dinding pada lap 28 dan mengakhiri karirnya dengan DNF (did not finish).

Memasuki lap 30, Hamilton mempelebar jaraknya dari Verstappen menjadi 5 detik.

Pada lap 35 Antonio Giovinazzi bermasalah dengan mesinnya yang tiba-tiba kehilangan power. Dengan demikian 2 pembalap Alfa Romeo mengalami DNF.

Insiden Giovinazzi mengakibatkan yellow flag dikibarkan dan virtual safety car diberlakukan.

Verstappen mengambil kesempatan itu untuk pit stop kedua. Sedangkang, Hamilton tetap bertahan di trek.

Lap 38 VSC non aktif, dan balapan kembali normal. Verstappen dengan ban baru harus memburu Hamilton yang sudah 17 detik di depannya.

Kurang 15 lap, Verstappen memang mampu membalap 0,2 detik lebih cepat dari Verstappen. Namun dia butuh satu detik lebih cepat per lap untuk memburu Hamilton.

Memasuki 10 lap terakhir Hamilton masih mampu mempertahankan jaraknya 13 detik dari Verstappen.

Nicolas Latifi crash di tikungan 14 saat balapan menyisakan lima lap lagi. Safety Car keluar. Verstappen pit stop dan mengganti ban dengan soft.

Hamilton tetap bertahan di trek. Balapan menyisakan 3 lap lagi. Peluang terakhir bagi Verstappen.

Safety baru keluar pada lap 57 yang artinya hanya ada satu lap bagi Verstappen untuk memburu Hamilton.

Verstappen menyalip Hamilton di tikungan 5 dan mencuri pimpinan lomba. Dia mempertahankan posisinya tersebut sampai finis dan ditabalkan sebagai juara dunia 2021. (*)

Reporter: JPGroup

Update