Selasa, 27 Februari 2024

Marini Resmi Berkostum Repsol Honda

Berita Terkait

batampos – Sehari setelah MotoGP 2023 rampung, line-up balapan grand prix kelas para raja itu telah terisi lengkap. Repsol Honda secara resmi mengumumkan Luca Marini sebagai pengganti Marc Marquez.

Luca Marini

Beberapa saat kemudian, giliran VR46 Racing Ducati yang membuat pengumuman. Satu slot terakhir pembalap MotoGP musim depan jatuh ke tangan Fabio Di Giannantonio.
Keputusan itu sekaligus membenarkan rumor beberapa pekan terakhir. Yakni, Marini bakal merapat ke Repsol Honda. Adik tiri Valentino Rossi itu sebelumnya sudah terang-terangan mengatakan dirinya tertarik memiliki pengalaman membela tim pabrikan.

Keinginan pembalap 26 tahun itu langsung disambut Repsol Honda. Apalagi, mere-ka memang sempat kebingu-ngan mencari pengganti Marquez yang memutuskan hijrah ke Gresini Racing. Padahal, Marquez sudah sebelas musim menjadi ikon utama pabrikan Jepang tersebut. ”Honda Racing Corporation dengan bangga me-ngumumkan sepakat bekerja sama dengan Luca Marini untuk MotoGP 2024 dan 2025,” tulis Honda dalam rilis resmi. Keputusan itu membuat Marini mengikuti jejak Rossi. The Doctor, julukan Rossi, pemilik tujuh gelar juara dunia MotoGP, merengkuh tiga gelar pertamanya di kelas premier bersama Honda pada 2001 hingga 2003 sebelum hijrah ke Yamaha pada 2004.

Sementara itu, untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Marini, VR46 akhirnya memilih Di Giannantonio. Meski juga dari Italia, rider 25 tahun itu tercatat sebagai pembalap pertama dalam line-up VR46 yang bukan lulusan akademi balap milik Rossi.

”Ini adalah kesepakatan di detik-detik terakhir. Tapi, kami puas dengan keputusan ini. Dia adalah pembalap muda Italia yang telah membuktikan kecepatannya di kelas premier. Dia akan merasa berada di rumah sendiri di tim ini,” ucap Alessio Salucci, team director VR46 Racing, dilansir Crash. (irr/c19/bas/*)

Update