Senin, 15 Agustus 2022

Lifter Rizki Juniansyah Pecahkan Rekor Dunia, Raih Tiga Emas

Berita Terkait

Manchester United Dihabisi Brentford 0-4

Arsenal Menang 4-2 atas Leicester City

Xavi Targetkan Barcelona Juara Liga Spanyol

Rizki Juniansyah di podium juara Asian Youth & Junior Championships 2022. (PABSI)

batampos – Catatan apik diperoleh lifter Indonesia Rizki Juniansyah. Dia berhasil mengukir prestasi di kejuaraan angkat besi Asian Youth & Junior Championships 2022.

Ajang itu berlangsung di Tashkent, Uzbekistan, pada 15–25 Juli. Jumat (22/7) tampil di kelas 73 kg putra junior, lifter asal Banten tersebut tampil perkasa dengan menyabet tiga emas.

Dia juga memecahkan satu rekor dunia atas namanya sendiri pada angkatan snatch. Di kejuaraan tersebut, dia mencatatkan snatch 157 kg.

Sementara itu, pada angkatan clean and jerk, Rizki mencatatkan angkatan 182 kg dan total angkatan 339 kg. Sebelumnya, di Kejuaraan Angkat Besi Dunia Junior 2022 di Heraklios, Yunani, Rizki mencatatkan snatch 156 kg.

Medali perak untuk kelas itu diraih lifter Kazakhstan, Alexey Churkin, dengan angkatan snatch 145 kg, clean and jerk 180 kg, dan total angkatan 325 kg.

Sementara itu, medali perunggu jatuh kepada lifter Vietnam, Bui Ky Su, dengan snatch 140 kg, clean and jerk 181 kg, dan total angkatan 321 kg.

Kabidbinpres PABSI Hadi Wihardja menilai bahwa Rizki memiliki banyak kemajuan selama menjalani pelatnas jangka panjang di Kwini, Jakarta. Salah satunya adalah mampu mempertajam rekor dunia junior.

’’Saya berharap berikutnya ia juga mampu memecahkan rekor untuk clean and jerk dan total angkatan,’’ katanya kemarin.

Saat ini peraih medali perak SEA Games 2021 itu berada dalam motivasi berlipat. Dia terus menantang dirinya untuk bisa mencatatkan angkatan terbaik.

Sebab, nanti dia harus bersaing dengan Rahmat Erwin Abdullah untuk memperebutkan tiket Olimpiade Paris di kelas 73 kg. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update

Manchester United Dihabisi Brentford 0-4

Arsenal Menang 4-2 atas Leicester City

Xavi Targetkan Barcelona Juara Liga Spanyol