Rabu, 24 Juli 2024

Lewat Adu Penalti, Portugal ke Perempat Final Euro 2024

Berita Terkait

Penjaga gawang Portugal Diogo Costa. (F.Kirill Kudryavtsev/AFP/Antara)

batampos – Penjaga gawang Diogo Costa menjadi pahlawan Portugal yang mengantarkan Selecao ke perempat final Euro 2024. Portugal menyingkirkan Slovenia dalam drama adu penalti setelah kedua tim imbang 0-0 selama 120 menit pada pertandingan 16 besar Euro 2024 di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Selasa (2/7) dini hari WIB.

Dilansir dari Antara, Costa mementahkan tendangan semua dari tiga pemain pertama Slovenia ketika tiga pemain Selecao semuanya berhasil. Sehingga adu penalti berhenti pada tiga penendang dengan kedudukan 3-0 untuk Portugal.

Portugal akan ditantang Prancis pada babak perempat final di Stadion Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu (6/7) pukul 02.00 WIB.

Portugal langsung mengambil inisiatif menyerang untuk menciptakan peluang lewat tendangan Ruben Dias yang menyamping dari gawang Slovenia. Portugal berpeluang mencuri keunggulan andai umpan Bernardo Silva dapat disambut dengan baik oleh Cristiano Ronaldo atau Bruno Fernandes.

Skuad asuhan Roberto Martinez terus menggempur lini pertahanan Slovenia. Kali ini, mereka memberikan ancaman lewat tendangan bebas Cristiano Ronaldo yang tak menyasar sasaran.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Portugal kembali menciptakan peluang melalui tendangan Joao Palhinha yang melambung tipis di atas mistar gawang Slovenia.

Pada babak kedua, Portugal terus memegang kendali pertandingan. Ronaldo kembali menciptakan peluang lewat tendangan keras yang bisa dimentahkan kiper Slovenia Jan Oblak. Portugal tak menyerah berupaya membobol gawang Slovenia. Kali ini sundulan Palhinha menyamping dari sasaran.

Ronaldo lagi-lagi mendapatkan peluang lewat skema bola mati. Akan tetapi kali ini pun tendangan bebasnya menyamping dari gawang Slovenia.

Portugal terus mendapatkan peluang, juga dari Ronaldo, yang melepaskan tendangan keras yang mengarah ke gawang Slovenia. Namun, Jan Oblak kembali menghadangnya.

Slovenia sempat menciptakan peluang emas lewat tendangan Benjamin Sesko tapi menyamping dari gawang Portugal. Sampai 90 menit waktu normal kedudukan tetap 0-0 sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan dua kali 15 menit.

Pada babak pertama waktu tambahan, Portugal memiliki peluang emas untuk mengakhiri pertandingan sengit itu setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti. Diogo Jota dilanggar di kotak terlarang.

Ronaldo maju sebagai algojo tapi gagal melaksanakan tugasnya. Tendangannya ditepis Jan Oblak.

Pada babak kedua waktu tambahan, giliran Slovenia memiliki peluang emas untuk membobol gawang Portugal. Tapi tendangan Sesko yang cuma berhadapan dengan kiper Portugal dapat dihalau Diogo Costa.

Portugal terus mendominasi pertandingan. Namun, skor sama kuat 0-0 bertahan. Pemenang harus ditentukan adu tendangan penalti.

Portugal keluar sebagai pemenang setelah tiga penendang pertama Slovenia dimentahkan Diogo Costa. Sedangkan semua eksekutor Selecao sukses menaklukkan Jan Oblak. (*)

SourceJPGroup

Update