Sabtu, 3 Desember 2022

Laga Argentina vs Arab Saudi Sore Ini: Menjaga Catatan Sempurna

Berita Terkait

Pemain timnas Argentina Lionel Messi (tengah) menjalani pemusatan latihan di Nahyan Stadium Abu Dhabi, Uni Emirat Arab menjelang Piala Dunia 2022. (Karim Sahib/AFP/Antara)

batampos – Megabintang Argentina Lionel Messi menjadi salah satu pemain yang bakal merasakan tampil di lima Piala Dunia.

Pemain lainnya adalah Cristiano Ronaldo (Portugal), Guillermo Ochoa (Meksiko), dan Andres Guardado (Meksiko).

Tetapi, Messi bakal jadi pembuka bagi tiga pemain lainnya. Dia mengawali penampilan kelima ketika Argentina melawan Arab Saudi sore ini (siaran langsung SCTV/Vidio/mOji pukul 17.00 WIB).

Sejauh ini, hanya ada empat pemain yang masuk skuad di lima Piala Dunia. Yakni, Antonio Carbajal dan Rafael Marquez dari Meksiko, Gianluigi Buffon (Italia), dan Lothar Matthaeus (Jerman).

Tetapi, jika dikerucutkan jadi pemain yang tampil di lima Piala Dunia, Buffon tidak masuk daftar lantaran dia hanya duduk manis di bench pada edisi 1998.

Meski menghadapi Arab Saudi yang selisih 48 tingkat di peringkat FIFA (Argentina peringkat ketiga, sedangkan Arab Saudi peringkat ke-48), La Pulga (Si Kutu) –julukan Messi– masih dihantui momok laga pertama.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Akui Tak Menyesal Lakukan Wawancara Kontroversial

Ya, sejak tampil pada edisi 2006, dia hanya mencetak 1 gol. Padahal, statistik keseluruhannya di ajang sepak bola terbesar itu cukup apik. Dari 19 pertandingan, dia mencetak 6 gol dan 5 umpan gol.

Dia juga sempat membawa Albiceleste ke final edisi 2014 sebelum dikalahkan Jerman.

Tetapi, Piala Dunia kelimanya kali ini bakal berbeda. Sebab, Piala Dunia 2022 merupakan yang terakhir baginya tampil di turnamen empat tahunan itu.

Start mulus kontra Arab Saudi menjadi kewajiban sebagai modal awal untuk lolos dari fase grup.

Apalagi, Messi juga menjadi figur paling senior untuk urusan tampil di Piala Dunia. Di bawah pemain 35 tahun itu, ada winger Angel Di Maria yang akan tampil di Piala Dunia untuk kali keempat.

Tugas Messi makin berat lantaran dalam empat partisipasi sebelumnya, Argentina tidak pernah kalah pada laga pembuka.

’’Tentu saja ada kecemasan dan kegugupan (karena ini Piala Dunia terakhir, Red). Selain antusias, kami juga insecure karena ingin semuanya berjalan sesuai rencana,’’ papar Messi kepada Star+.

Baca Juga: Belanda Benamkan Senegal 2-0, Puncaki Klasemen Grup A

Beban Messi agar Argentina langsung tancap gas juga berasal dari tim asuhan Lionel Scaloni.

Ya, tim Tango saat ini sudah membukukan 36 laga beruntun tak terkalahkan. Hanya selisih satu laga untuk menyamai Italia yang absen di Piala Dunia kali ini.

Tetapi, faktor nonteknis bisa menghancurkan misi Messi dan Argentina. Yakni, Arab Saudi yang sudah familier dengan kondisi di Qatar.

Mereka berharap bisa memberi kejutan seperti edisi 1994 ketika lolos dari fase grup setelah sempat mengalahkan Belgia yang termasuk salah satu unggulan kala itu.

’’Kami bermateri mayoritas pemain muda bertalenta. Target pertama (fase grup Piala Dunia, Red) sudah dicapai. Saatnya meraih target selanjutnya (lolos dari fase grup, Red),’’ ujar pelatih Arab Saudi Herve Renard seperti dilansir ESPN. (*)

 

 

 

Reporter: JPGroup

Update