Sabtu, 25 Juni 2022

Kualifikasi Formula 1 GP Spanyol: Bintang Ferrari Pole Position

Berita Terkait

Pereli legendaris Carlos Sainz menyerahkan trofi pole position GP Spanyol kepada pembalap Ferrari Charles Leclerc. (LLUIS GENE/AFP)

batampos – Bintang Ferrari Charles Leclerc meraih pole position di Formula 1 GP Spanyol dengan cara spektakuler.

Dia bangkit dari insiden mobil melintir di tikungan terakhir pada upaya pertamanya di kualifikasi ketiga. Pada lap keduanya, dia meraih catatan waktu terbaik sepanjang akhir pekan balapan yakni 1 menit 18,750 detik.

Dia menjadi satu-satunya pembalap yang mampu menembus catatan waktu di bawah 19 detik. Itu menjadi pole ke-13 pembalap Monako tersebut sepanjang karirnya.

Rival terbesarnya, Max Verstappen menjadi yang tercepat di kualifikasi 2. Pada lap pertamanya, dia langsung menapaki posisi teratas daftar pembalap tercepat dengan 1 menit 19,073 detik di atas Carlos Sainz Jr (Ferrari) dan Sergio Perez (Red Bull) di posisi ketiga.

Pada lap berikutnya, Verstappen kembali mengalami masalah dengan mesinnya seperti beberapa kesempatan yang terjadi di awal-awal musim. Tiba-tiba power mesinnya hilang. Mobilnya melambat.

Namun masalah ini bisa diselesaikan dengan cepat dan Verstappen mampu melanjutkan sesi kualifikasi ketiga. Pada lap terakhirnya, catatan waktu Verstappen cukup untuk menempatkany dirinya di posisi kedua start. Sedangkan, Sainz turun ke tempat ketiga.

Pembaruan Mercedes di GP Spanyol belum cukup mengantar mereka tampil solid di sesi kualifikasi. Dua pembalapnya akan start dari barisan kedua start.

George Russell akan memulai balapan dari posisi keempat. Sementara rekan satu timnya Lewis Hamilton mengamankan P6. Di antara keduanya ada Sergio Perez (Red Bull) di posisi kelima. (*)

 

Reporter: JPGroup

Update