Jumat, 19 Agustus 2022

Jelang Porprov, PRSI Kepri Gelar Sertifikasi Level C, 4-7 Agustus Mendatang

Berita Terkait

 

batampos – Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kepri akan menggelar sertifikasi pelatih dan wasit level C (provinsi). Event ini sedianya akan digelar di 4-7 Agustus mendatang.

ilustrasi

Ketua PRSI Kepri Iwan Kusmawan mengatakan, sertifikasi pelatih ini dilaksanakan sebagai bagian peningkatan SDM renang di Kepri. Ia juga mengatakan sertifikasi ini adalah kali pertama diselenggarakan oleh PRSI Kepri

“Untuk meningkatkan prestasi pembinaan Kepri, satu-satunya jalan adalah meingkatkan mutu dan kualitas SDM renang. Karenanya standarisasi SDM renang adalah salah satu upaya PRSI Kepri untuk meningkatkan pembinaan renang di Kepri,” ujar Iwan, Minggu (3/7).

Iwan mengatakan sertifikasi yang dilaksanakan terbagi menjadi dua, yakni sertifikasi wasit dan sertifikasi pelatih. “Dua event yang dilaksanakan secara bersamaan,” katanya.

“Sertifikasi pelatih ini juga digelar untuk menunjang gelaran Porprov V Kepri, November mendatang. Tentu saja, juga menyongsong gelaran Porwil tahun mendatang,” tambah Iwan.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Ali Amran mengatakan pihaknya mendatangkan narasumber dari PB PRSI. “Satu nama yang tak asing lagi akan menjadi narasumber untuk sertifikasi pelatih, yakni Elsa Manora Nasution,” serunya.

Ali mengatakan Elfira Rosa Nasution bukanlah nama asing dalam renang Indonesia. Mantan perenang putri andalan Indonesia ini adalah adik kandung dari mantan perenang nasional Elfira Rosa Nasution, Kevin Rose Nasution dan Maya Masita Nasution.

Elsa adalah perenang Indonesia, yang mengkhususkan diri di gaya punggung. Ia mewakili Indonesia di Olimpiade 2000 dan kemudian memenangkan medali perunggu pada even 100 m gaya punggung di SEA Games 2003 di Hanoi, Vietnam.

“Bisa mengecap ilmu kepelatihan dari mantan perenang nasional adalah kesempatan yang tak bisa dilewatkan. Apalagi, Keluarga Nasution hingga kini masih malang melintang di dunia renang Indonesia,” kata Ali.

Ia meminta pelatih renang, wasit di Kepri untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. “Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan pengetahuan dalam melatih langsung dari mantan atlet putri andalan Indonesia,” serunya.

Ali menjelaskan, sertifikasi ini terbuka untuk umum. “Kami mengutamakan pelatih renang, wasit juri Kepri untuk bisa mengikuti sertifikasi ini,” ucap Ali.

“Biaya sertifikasi ini terbilang murah. Dibandingkan jika harus mengambil sertifikasi di daerah lain, selain pendaftara mahal, peserta juga harus menyiapkan transportasi dan akomodasi sendiri,” katanya.

Untuk bisa mengikuti sertifikasi, pelatih renang akan dikenakan biaya sebesar Rp 1,6 juta. Sedang untuk wasit, akan dikenakan biaya Rp 1,3 juta.

Peserta yang ingi mengikuti pelatihan bisa mendaftarkan diri pada sekretariat PRSI Kepri. “Sedang untuk peserta dari Kota Batam Bisa mendaftarkan diri di Kolam Renang Costarica,” tutup Ali. (*)

Update