Ini Klub Belgia yang Berpotensi Menjadi Pelabuhan Baru Marselino Ferdinan di Eropa

0
58
FCV Dender bisa jadi opsi menarik keberlanjutan karier Marselino Ferdinan di Eropa jika tidak diperpanjang KMSK Deinze. (FCV Dender)

 

FCV Dender bisa jadi opsi menarik keberlanjutan karier Marselino Ferdinan di Eropa jika tidak diperpanjang KMSK Deinze. (FCV Dender)

batampos – Rumor mengenai kepindahan Marselino Ferdinan, gelandang muda berbakat dari Timnas Indonesia, ke klub Belgia FCV Dender semakin santer terdengar. Saat ini, Marselino masih terikat kontrak dengan KMSK Deinze.

Namun, minimnya menit bermain yang didapatkan pemain ini membuat kemungkinan perpanjangan kontrak menjadi kecil. Dalam situasi yang tidak menentu ini, FCV Dender muncul sebagai salah satu klub yang dikabarkan tertarik untuk merekrut Marselino. Mari kita menilik lebih dalam profil klub yang sedang naik daun ini.

FCV Dender adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Denderleeuw, Belgia. Klub ini baru saja meraih promosi ke Liga Pro Belgia untuk musim 2024/2025 mendatang. Keberhasilan ini tentu menjadi pencapaian besar bagi FCV Dender yang selama ini berkompetisi di kasta bawah Liga Belgia.

Menariknya, dalam perjalanan menuju promosi, FCV Dender harus bersaing ketat dengan KMSK Deinze, klub tempat Marselino Ferdinan saat ini bernaung. Pada akhir musim, FCV Dender berhasil menyalip KMSK Deinze dan finis di posisi kedua Liga 2 Belgia, yang memastikan tiket promosi ke kasta teratas.

Sejarah panjang FCV Dender bermula pada tahun 1935 dengan terbentuknya klub sepak bola Verbroedering Denderhoutem. Selama beberapa dekade, klub ini lebih banyak berkompetisi di kasta keempat atau lebih rendah dari Liga Belgia. Namun, pada tahun 1999, Verbroedering Denderhoutem berhasil lolos ke divisi tiga Liga Belgia. Mereka menunjukkan konsistensi di divisi tiga hingga musim 2004/2005.

Perubahan signifikan terjadi pada tahun 2005 ketika Verbroedering Denderhoutem bergabung dengan KFC Denderleeuw Eendracht Hekelgem dan membentuk FCV Dender EH.

Merger ini membawa angin segar bagi klub, yang kemudian berhasil menembus Liga 1 Belgia selama dua musim berturut-turut, yaitu pada 2007/2008 dan 2008/2009. Sayangnya, performa mereka menurun dan terpaksa kembali ke kasta bawah.

Setelah berkutat di kasta bawah selama beberapa waktu, FCV Dender menunjukkan kebangkitan pada tahun 2021. Dalam musim 2021-2022, klub menjalani musim dengan gemilang dan berhasil promosi ke Challenger Pro League, kasta kedua Liga Belgia.

Perjalanan panjang dan penuh perjuangan ini akhirnya membuahkan hasil manis ketika mereka dipastikan promosi ke Liga Pro Belgia pada musim 2024/2025. Kesuksesan ini diraih setelah FCV Dender menempati posisi kedua di Challenger Pro League musim 2023/2024.

Selain perjalanan panjang yang mengesankan, ada hal menarik lainnya mengenai FCV Dender. Beberapa tahun lalu, seorang pengusaha asal Indonesia bernama Sihar Sitorus diketahui telah mengakuisisi saham klub ini.

Keterlibatan Sihar Sitorus dalam manajemen klub menjadi faktor yang memicu spekulasi mengenai kemungkinan Marselino Ferdinan bergabung dengan FCV Dender di musim depan, setelah kontraknya bersama KMSK Deinze berakhir. Kehadiran pengusaha Indonesia ini di FCV Dender membuka peluang besar bagi Marselino untuk melanjutkan kariernya di Eropa bersama klub yang sedang naik daun ini.

FCV Dender menunjukkan bahwa klub ini memiliki banyak potensi untuk berkembang lebih jauh di Liga Pro Belgia. Dengan basis di Denderleeuw, klub ini memiliki stadion bernama Dender Football Complex yang menjadi saksi bisu perjalanan panjang mereka.

Rata-rata usia skuad FCV Dender adalah 26,6 tahun, menunjukkan keseimbangan antara pengalaman dan potensi muda dalam tim. Nilai pasar klub ini mencapai Rp116,46 miliar, menunjukkan posisi yang cukup stabil di antara klub-klub Belgia lainnya.

Tim FCV Dender saat ini dilatih oleh Timmy Simons, seorang pelatih yang memiliki pengalaman luas dalam dunia sepak bola. Di bawah kepemimpinannya, FCV Dender berhasil menunjukkan performa yang solid dan kompetitif, yang akhirnya membawa mereka ke kasta tertinggi Liga Belgia.

Salah satu pemain kunci dalam tim ini adalah Brunny Nsimba, yang menjadi topskor klub dan berkontribusi besar dalam perjalanan mereka menuju promosi.

Dengan berbagai faktor yang mendukung, FCV Dender menjadi klub yang sangat menarik untuk Marselino Ferdinan. Keberadaan Sihar Sitorus dalam manajemen klub, performa tim yang sedang menanjak, serta kesempatan bermain di kasta tertinggi Liga Belgia bisa menjadi alasan kuat bagi Marselino untuk memilih FCV Dender sebagai pelabuhan barunya di Eropa.

Jika rumor ini benar, maka kepindahan Marselino ke FCV Dender bisa menjadi langkah besar dalam kariernya, sekaligus memperkuat posisi klub dalam kompetisi mendatang.

Kisah perjalanan FCV Dender hingga mencapai titik ini merupakan bukti nyata bahwa kerja keras dan konsistensi bisa membawa sebuah tim menuju kesuksesan. Dengan sejarah yang kaya dan perjalanan penuh liku, FCV Dender telah membuktikan diri sebagai klub yang mampu bangkit dari keterpurukan dan mencapai prestasi yang membanggakan.

Promosi ke Liga Pro Belgia musim 2024/2025 adalah awal baru bagi klub ini, dan dengan potensi perekrutan pemain berbakat seperti Marselino Ferdinan, masa depan FCV Dender tampak semakin cerah.

Dalam beberapa bulan ke depan, kita akan melihat bagaimana perkembangan lebih lanjut mengenai rumor kepindahan Marselino Ferdinan. Apakah ia benar-benar akan bergabung dengan FCV Dender dan menjadi bagian dari perjalanan baru klub ini di Liga Pro Belgia?

Hanya waktu yang bisa menjawab, namun satu hal yang pasti adalah bahwa FCV Dender kini tengah menjadi sorotan dan siap untuk menghadapi tantangan baru di kasta tertinggi sepak bola Belgia. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini