Sabtu, 9 Desember 2023

Hasil Formula 1 GP Spanyol: Verstappen Dominan, 2 Pembalap Mercedes Naik Podium

Berita Terkait

Max Verstappen berdiri di podium tertinggi setelah memenangi balapan Formula 1 GP Spanyol. Sementara Lewis Hamilton (kiri) dan George Russell finis di posisi 2-3 secara berurutan. (Lluis GENE / AFP)

batampos – Lagi-lagi penampilan dominan dari bintang Red Bull Max Verstappen di balapan Formula 1 GP Spanyol, Minggu malam (4/6) WIB. Sang juara bertahan memenangi balapan dengan memimpin lomba sejak start sampai finis tanpa perlawanan berarti.

Verstappen menang dengan keunggulan meyakinkan 22 detik. Sementara Mercedes mulai menunjukkan hasil positif dari upgrade mobilnya. Dua pembalapnya Lewis Hamilton dan George Russell sukses naik podium 2-3 secara berurutan.

Ini sekaligus menjadi peringatan kepada para rival bahwa Mercedes sudah kembali. ‘’Kerja yang luar biasa guys! Ini sangat hebat,’’ teriak Hamilton melalui radio sesaat setelah melewati garis finis.

Balapan dimulai dengan start yang sempurna oleh Verstappen. Dia tetap memimpin setelah keluar tikungan pertama.

Baca Juga: Indonesia Hanya Raih Runner-up di Thailand Open 2023

Sementara di belakangnya, Lance Stroll berhasil menyalip Lewis Hamilton untuk merebut posisi ketiga. Dalam kekacauan selepas start, Hamilton bersenggolan dengan Lando Norris.

Sayap Norris rusak dan dia langsung melakukan pit di lap berikutnya untuk menggantinya.

Posisi di depan, Verstappen, Carlos Sainz Jr, dan Lance Stroll.

Melewati lap ke-10 Verstappen memimpin Sainz dengan keunggulan 5 detik.

Sementara Hamilton sukses menyalip Sainz di posisi ketiga.

Aston Martin memutuskan untuk meminta Stroll melakukan pit stop lebih cepat dari posisi kedua dan mengganti ban dengan kompon soft.

Stroll kembali ke lintasan di urutan ke-12.

Baca Juga: Brozo dan Gundogan Gemilang di Laga Pemungkas Domestik

Tiga besar di depan, kemudian, dikuasai Verstappen, Hamilton, dan George Russell.

Hamilton pit di lap 25 dan mengganti ban dengan medium. Disusul keputusan yang sama untuk rekan setimnya Russel di lap berikutnya.

Dengan ban baru Hamilton sukses menyalip Sainz di posisi kedua

Di rombongan tengah Sergio Perez memburu lawan-lawannya di depan dengan pace luar biasa. Dia menyalip Fernando Alonso dan Esteban Ocon untuk merebut posisi ke-5.

Ocon kemudian memutuskan pit dan mengganti ban dengan hard.

Russell pit kedua di lap ke-46 dan mengganti ban dengan medium. Dia pit dari posisi ketiga dan kembali ke trek di posisi keempat di belakang Sainz. Tiga pembalap terdepan adalah Verstappen, Hamilton, dan Perez.

Melewati lap ke-50 Verstappen unggul 16 detik di depan Hamilton.

Baca Juga: Aldila Sutjiadi Tembus Perempat Final French Open

Hamilton pit di lap ke-51 mengganti ban dengan soft. Dia kembali ke trek di posisi kedua, namun jaraknya dengan Verstappen melebar menjadi 39 detik.

Verstappen belum mengganti ban hard-nya yang berusia 24 lap. Red Bull kemudian memanggilnya untuk pit di lap ke-53 dengan ban soft. Jelas, dia juga ingin memburu fastest lap.

Sementara Perez, sekali lagi, menyalip Sainz untuk posisi ke-4.

Di lap ke-59 Verstappen mendapat peringatan track limit terakhir karena melewati garis batas di tikungan 10. Sekali lagi melanggar, dia akan dijatuhi penalti 5 detik.

Namun jaraknya dengan Hamilton sudah 19 detik. Andai dijatuhi hukuman pun, tidak akan berpengaruh pada hasil.

Tiga lap terakhir, jarak Verstappen-Hamilton semakin melebar menjadi 20 detik. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update