Rabu, 24 Juli 2024

Gol Bunuh Diri Antarkan Prancis Lolos 8 Besar Euro 2024

Berita Terkait

Tim Prancis melaju ke babak 8 besar Euro 2024. (.F.Instagram @equipedefrance)

batampos – Prancis berhasil menang tipis atas Belgia pada perebutan tiket 8 besar Euro 2024. Skor 1-0 menjadi akhir laga Prancis vs Belgia.

Pertandingan sengit Prancis vs Belgia yang memperebutkan tiket fase 8 besar Euro 2024 berlangsung di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf, Jerman, pada Senin (1/7) mulai pukul 23.00 WIB. Laga dipimpin wasit Glenn Nyberg dari Swedia.

Prancis yang lebih diunggulkan atas Belgia sangat berambisi memenangkan laga. Les Blues (julukan Timnas Prancis) mendominasi pada babak pertama laga.

Baca Juga: Diogo Costa Bawa Portugal ke Perempat Final Hadapi Prancis

Secara statistik pertandingan babak pertama, Prancis dapat menguasai bola sebanyak 62 persen dibandingkan dengan Belgia yang hanya menguasai 38 persen. Pada babak pertama Belgia otomatis fokus bertahan menahan gempuran Kylian Mbappe dkk.

Menguasai jalannya pertandingan pada babak pertama tak membuat Prancis mudah menerobos barisan pertahanan kokoh Belgia. Anak asuh Didier Deschamps hanya bisa sekali melakukan tendangan ke arah gawang dari delapan percobaan tendangan.

Memasuki babak kedua, Prancis tetap mendominasi pada awal-awal laga usai turun minum. Meski terus terkurung oleh Prancis, The Reds Devil (julukan Belgia) tetap mampu beberapa kali melakukan serangan berbahaya.

Baca Juga: Hasil 16 Besar Euro 2024, Inggris Lolos Dramatis setelah Tumbangkan Slovakia 2-1

Menghadapi rapatnya pertahanan Belgia, Aurelien Tchouameni mencoba memecahkan kebuntuan dengan melepaskan tendangan jarak jauh ke arah gawang Belgia pada menit ke-48. Sayang, sosok Koen Casteels masih sangat tangguh dan dapat menepis bola tendangan Tchouameni.

Giliran Kylian Mbappe mengeluarkan magisnya pada menit ke-53 dengan menusuk lewat sisi kiri penyerangan Prancis. Setelah melewati hampir tiga pemain, Mbappe langsung melepaskan tendangan yang masih sedikit melambung di atas gawang.

Peluang emas Belgia baru hadir saat menit ke-60. Kevin De Bruyne mampu melepaskan umpan kunci yang mengarah pada jalur lari Yannick Carrasco. Bola yang dikirimkan De Bruyne dapat dijangkau Carrasco tapi saat melakukan penyelesaian akhir, bola berhasil dihalau Theo Hernandez.

Baca Juga: Kylian Mbappe Mengaku Belum Bergabung dengan Grup WhatsApp Real Madrid

Lagi-lagi, The Red Devils kembali mendapat peluang emas. Kevin De Bruyne mampu melepaskan diri dan melakukan tendangan ke arah gawang yang dijaga Mike Maignan. Ketangguhan Maignan belum juga tergoyahkan dan mampu menepis tendangan keras Kevin De Bruyne.

Gol pemecah kebuntuan baru hadir pada menit ke-85. Diawali tendangan Kolo Muani yang mendapat umpan dari N’Golo Kante. Keberuntungan Kolo Muani sangat besar saat gol terjadi. Tendangan Kolo Muani membentur Jan Vertonghen sehingga membuat bola berubah arah dan langsung masuk ke gawang yang dikawal Koen Casteels. Meski gol tersebut diinisiasi melalui tendangan Kolo Muani, akan tetapi gol itu disahkan sebagai own goal dari Jan Vertonghen.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit Glenn Nyberg skor 1-0 untuk Les Blues tetap terjaga. Kemenangan atas Belgia itu mengantar Prancis melaju ke fase 8 besar Euro 2024.

Melaju ke 8 besar Euro 2024, Prancis akan menghadapi Portugal. Ronaldo dkk mengalahkan Slovenia lewat adu penalti 3-0. Pertandingan perempat final akan berlangsung pada Sabtu (6/7) mulai pukul 02.00 WIB.

Jika Prancis kembali meraih kemenangan dan melaju ke partai semifinal, Les Blues akan bertemu antara Spanyol ataupun Jerman pada Rabu (10/7) pukul 02.00 WIB. Patut dinantikan sejauh mana perjalanan Prancis dalam ajang Euro 2024 dengan materi pemain yang cukup istimewa. (*)

SourceJPGroup

Update