Erick Thohir Ungkap Akan Boyong Timnas Belanda ke Indonesia

0
30
Erick Thohir bersama Gijs de Jong (Akun X Erick Thohir)
Erick Thohir bersama Gijs de Jong (Akun X Erick Thohir)

batampos – Baru-baru ini, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, melakukan terobosan baru untuk PSSI dengan mengumumkan jalinan kerja sama strategis dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Dilansir dari akun X resmi Erick Thohir, pada Kamis (16/5), kerja sama antara PSSI dan KNVB terjalin setelah pertemuan dengan Sekjen KNVB, Gijs de Jong, pada Rabu (16/5).

“Bertemu Sekjen Federasi Sepak Bola Belanda atau KNVB, Gijs de Jong. Kami berdiskusi tentang rencana kerja sama beberapa program antara PSSI dan KNVB,” tulis Erick Thohir.

Kerja sama ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perkembangan sepak bola Indonesia, seperti grassroots, timnas kelompok usia, wanita, hingga senior.

Program Pembinaan Grassroots

Salah satu fokus utama dari kerja sama antara PSSI dan KNVB adalah program pembinaan sepak bola di tingkat grassroots.

Erick Thohir menegaskan komitmen kedua federasi untuk menciptakan program yang dapat mengembangkan bakat-bakat muda di Indonesia.

“PSSI dan KNVB ingin membuat program pembinaan untuk grassroots sepak bola Indonesia,” tulis Erick dalam unggahannya.

Sebelumnya, Erick Thohir menerima berbagai kritikan karena dianggap lebih fokus ke Timnas Indonesia dan melupakan akar rumput di dunia sepak bola Indonesia.

Mencoba menjawab kritikan tersebut, mantan Presiden Inter Milan itu mencoba memulai perbaikan di sektor grassroots dengan program yang bersinergi bersama KNVB.

Program ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memperkuat dasar-dasar sepak bola di kalangan anak-anak dan remaja.

Diharapkan, dengan adanya program ini, Indonesia dapat mencetak lebih banyak pemain berbakat yang siap bersaing di kancah internasional.

Komitmen Datangkan Timnas Belanda ke Indonesia

Sebagai bagian dari kerja sama ini, PSSI dan KNVB telah sepakat untuk mendatangkan Timnas Belanda ke Indonesia.

“Kami sepakat mengagendakan kedatangan Timnas Belanda, mulai dari senior, junior hingga timnas perempuan. Mereka akan datang secara bergantian di setiap tahun,” ungkap Erick Thohir.

Kedatangan tim-tim nasional Belanda ini tidak hanya untuk pertandingan persahabatan, tetapi juga untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para pemain dan pelatih di Indonesia.

Kehadiran Timnas Belanda di Indonesia diharapkan dapat menjadi motivasi besar bagi para pemain muda Indonesia.

Selain itu, pertandingan-pertandingan ini juga akan memberikan kesempatan bagi para pemain Indonesia untuk belajar dari tim yang memiliki sejarah panjang dan sukses di kancah sepak bola dunia.

Meningkatkan Kualitas Liga

Selain fokus pada pembinaan pemain muda, kerja sama ini juga mencakup peningkatan kualitas liga sepak bola Indonesia dari segi manajemen.

Erick Thohir menyebutkan bahwa program-program yang akan dijalankan bersama KNVB bertujuan untuk meningkatkan standar manajemen klub dan liga di Indonesia.

“Kami juga akan membuat program yang bisa meningkatkan kualitas liga dari segi manajemen,” tambah Erick.

Dengan pengalaman dan keahlian KNVB dalam mengelola liga sepak bola yang sukses, PSSI berharap dapat mengadopsi praktik terbaik untuk diterapkan di Indonesia.

Ini termasuk peningkatan profesionalisme dalam pengelolaan klub, manajemen pertandingan, hingga pengembangan infrastruktur yang lebih baik.

Kerja sama antara PSSI dan KNVB ini mencerminkan upaya serius PSSI dalam memperbaiki dan mengembangkan sepak bola Indonesia.

Erick Thohir dan Gijs de Jong sepakat bahwa kerja sama ini adalah langkah awal yang penting untuk masa depan sepak bola Indonesia.

Diharapkan, program-program yang diinisiasi melalui kerja sama ini dapat membawa perubahan positif yang signifikan.

Dengan adanya program pembinaan grassroots, kedatangan Timnas Belanda, dan peningkatan kualitas liga, PSSI menunjukkan komitmen kuat untuk membangun fondasi yang kokoh bagi perkembangan sepak bola di tanah air.

Kerja sama ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antara Indonesia dan Belanda, tidak hanya di bidang olahraga, tetapi juga dalam berbagai aspek lainnya.

Melalui langkah-langkah konkret ini, PSSI berharap dapat membawa sepak bola Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi, dengan dukungan dan kolaborasi dari salah satu federasi sepak bola terkemuka di dunia. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini