Rabu, 24 Juli 2024

Deretan Fakta Unik dan Menarik Semifinal Euro 2024

Berita Terkait

Prancis berpeluang patahkan mimpi Spanyol untuk jadi penguasa abadi Euro. (Instagram/@equipedefrance)

batampos – Semifinal Euro 2024 akan menjadi panggung seru yang menghadirkan deretan fakta unik dan menarik. Pertarungan antara empat tim besar Eropa, yakni Spanyol, Prancis, Belanda, dan Inggris, akan menghiasi babak ini.

Di Allianz Arena, Rabu (10/7/2024) pukul 02.00 WIB, Spanyol akan berhadapan dengan Prancis dalam laga semifinal pertama. Sementara itu, semifinal kedua akan mempertemukan Belanda dengan Inggris di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) pukul 02.00 WIB. Pemenang dari kedua laga ini akan bertemu di final Euro 2024 yang digelar pada Senin, 15 Juli 2024.

Sebelum menyaksikan laga semifinal yang penuh tensi, ada baiknya kita menilik fakta-fakta menarik yang menghiasi babak ini. Berikut ini adalah tiga fakta unik yang telah dirangkum seperti dilansir JawaPos.com:

Momentum Penegasan Spanyol Jadi Penguasa Abadi

Spanyol menjadi salah satu kandidat terkuat pemenang Euro 2024 dengan performa impresif yang diperlihatkan sepanjang turnamen. Tim Matador tidak hanya diunggulkan karena permainan brilian mereka, tetapi juga sejarah gemilang di ajang Euro. Spanyol tercatat sebagai semifinalis Euro edisi kali ini yang mengoleksi trofi juara terbanyak dalam sejarah turnamen.

Dengan tiga trofi juara yang telah diraih (1964, 2008, 2012), Spanyol berada di atas tiga semifinalis lainnya. Bahkan, jumlah tiga trofi yang dimiliki Spanyol sama dengan raihan gelar tiga semifinalis lainnya jika digabungkan. Hal ini menunjukkan bahwa Spanyol memiliki peluang besar untuk kembali menjuarai Euro edisi kali ini.

Dukungan performa cemerlang dan sejarah yang memihak membuat Spanyol menjadi unggulan utama. Jika mampu memenangkan gelar Euro 2024, Spanyol akan mengukuhkan diri sebagai raja tunggal turnamen dengan empat gelar juara, melewati Jerman yang juga mengoleksi tiga gelar.

Harapan Didier Deschamps Mengukir Rekor Dunia

Kelolosan Prancis ke semifinal tidak hanya menjaga asa negara tersebut meraih gelar ketiga di panggung Euro, tetapi juga membuka peluang bagi Didier Deschamps untuk mencetak sejarah elit. Jika mampu membawa Prancis lolos ke final dan menjadi juara, Deschamps akan menjadi sosok pertama yang berhasil menjuarai Euro dan Piala Dunia baik sebagai pemain maupun pelatih.

Sebagai pemain, Deschamps telah membawa Prancis berjaya dengan memenangkan Euro 2000. Saat itu, Deschamps yang masih menjadi pemain menyandang ban kapten utama Les Bleus. Kini, dengan peran sebagai pelatih, Deschamps memiliki kesempatan untuk mengulangi pencapaian tersebut.

Namun, untuk mencapai tonggak sejarah ini, Deschamps harus mampu membawa Prancis melewati hadangan Spanyol di semifinal dan menghadapi Belanda atau Inggris di final.

Misi Berat Inggris Bawa Pulang Juara

Dari empat semifinalis Euro 2024, hanya Inggris yang belum pernah memenangkan gelar juara turnamen ini. Spanyol telah meraih trofi juara Euro sebanyak tiga kali, Prancis dua kali, dan Belanda sekali. Inggris, meski pernah memiliki kesempatan emas di final edisi sebelumnya, harus puas dengan kekalahan dari Italia.

Kini, dengan lolosnya ke semifinal, Inggris menjaga asa untuk meraih gelar juara Euro 2024. Namun, untuk mencapai mimpi tersebut, Inggris harus melewati kepungan para jawara Euro terlebih dahulu. Menghadapi Belanda di semifinal dan kemungkinan bertemu dengan Spanyol atau Prancis di final, Inggris harus menunjukkan performa terbaiknya untuk meraih trofi yang selama ini didambakan.

Semifinal Euro 2024 akan menjadi ajang yang sangat dinantikan oleh para pencinta sepak bola di seluruh dunia. Spanyol dengan sejarah gemilangnya, Prancis dengan ambisi Deschamps mencetak sejarah, Belanda yang siap menghadang Inggris, dan Inggris yang berusaha meraih gelar perdana, semuanya akan menyajikan pertarungan seru.

Final Euro 2024 akan digelar pada Senin, 15 Juli 2024, mempertemukan pemenang dari kedua laga semifinal. Siapakah yang akan keluar sebagai juara? Saksikan dan dukung tim favorit Anda dalam pertarungan seru ini.

Semifinal Euro 2024 akan menjadi saksi bisu dari deretan fakta unik dan menarik. Dengan sejarah, performa, dan ambisi yang ada, setiap tim memiliki peluang untuk menjadi yang terbaik. Mari kita tunggu bersama hasil dari pertarungan sengit ini dan lihat siapa yang akan keluar sebagai juara Euro 2024. (*)

Jadwal semifinal Euro 2024:

Rabu, 10 Juli 2024 pukul 02.00 WIB – Spanyol vs Prancis di Allianz Arena

Kamis, 11 Juli 2024 pukul 02.00 WIB – Belanda vs Inggris di Signal Iduna Park

 

 

Update