Sabtu, 20 Juli 2024

Buffon Pensiun di Usia 45 Tahun, Bermula dari Parma dan Diakhiri di Parma

Berita Terkait

Gianluigi Buffon saat bermain dengan Parma pada Mei lalu. Kini dia memutuskan pensiun di usia 43 tahun. (Instagram Gianluigi Buffon)

batampos – Gianluigi Buffon, kiper legendaris Italia itu akhirnya memutuskan pensiun dari sepak bola di usia 45 tahun. Dalam waktu dekat agen Buffon, Silvano Martina akan bertemu dengan manajemen Parma. Dia akan membicarakan penyelesaian kontrak Buffon setahun lebih cepat dari rencana awal 30 Juni 2024.

Jurnalis Sky Sports Gianluca di Marzio mengatakan, setelah pertemuan agen dan manajemen baru dilakukan pengumuman resmi pensiunnya Buffon. Meski sudah gantung sarung tangan, bukan berarti Buffon tidak lagi terlibat di dunia sepak bola.

“Buffon berpotensi menjadi bagian dari Timnas Italia sebagai head of delegation,” ujarnya. Cedera dan gagalnya Parma promosi ke Serie A disebut-sebut menjadi alasan Buffon memilih pensiun lebih cepat.

Baca Juga: Manchester United Takluk dari Borussia Dortmund

Marzio juga mengungkapkan kalau Buffon sebenarnya ditawari untuk bergabung dengan mega bintang lainnya bermain di Liga Arab Saudi. Namun, keputusan Buffon untuk pensiun ternyata sudah dibuat sehingga proposal itu ditolaknya.

Berawal dari Parma, Berakhir di Parma

Perjalanan Buffon di Parma dimulai pada 19 November 1995. Saat itu, Buffon yang baru berusia 17 tahun menjalani debut profesionalnya dengan menjaga gawang Parma saat melawan AC Milan di pekan ke-10 Serie A. Dia dinilai tampil cemerlang karena berhasil menahan imbang AC Milan 0-0.

Saat itu, Milan yang diperkuat George Weah dan Roberto Baggio tidak bisa membobol gawang Parma. Sejak itu, penampilan Buffon terus meningkat hingga berhasil menembus Timnas Italia.

Namun, karirnya di Timnas Italia lebih dulu berakhir pada 2017 atau 22 tahun sejak debutnya bersama Parma. Keputusan itu diambilnya setelah gagal membawa Timnas Italia lolos ke Piala Dunia Rusia 2018.

Baca Juga: Cerita Unik Kiper PSM dengan Ball Boy yang Gagalkan Tendangan Penalti Matias Mier

Penampilan gemilang Buffon di Parma membuat Juventus kepincut. Pada 2001, Buffon resmi bergabung dengan klub asal kota Turin itu. Selama 17 tahun, Buffon mencatatkan 509 penampilan.

Setelah itu, pada 2018, dia pindah ke PSG di usi 40 tahun. Meski berada di usia yang tak lagi ideal sebagai pesepakbola profesional Eropa, Buffon menolak pensiun. Buffon yang tidak lagi pada performa terbaiknya hanya bertahan satu musim dengan 17 penampilan saja.

Pada 2019 dia kembali ke Juventus dan jelas tidak lagi mendapatkan peran utama. Apalagi. Saat itu dia sudah berusia 41 tahun. Yang mengejutkan, pada usia 43 tahun Buffon memutuskan kembali ke Parma. Klub masa kecilnya. Dia tetap menolak pensiun dan bermain di Parma.

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik Rasmus Hojlund, Striker Rp 1 Triliun yang Akan Gabung MU

Dua tahun di Parma, Buffon tetap mencatatkan waktu bermain. Dari musim 2021 hingga 2023, Buffon tercatat bermain 23 kali. Pertandingan resmi terakhirnya bersama Parma pada 31 Mei saat melawan Cagilari di Serie B. Buffon bermain 45 menit dan sempat melakukan dua penyelamatan meski akhirnya Parma kalah 3-2.

Namun, perjalanan panjang Buffon sebagai pemain akan berakhir beberapa hari lagi. Kiper gaek itu memang memberi sinyal masih ingin bermain hingga 45 tahun. Namun, dia bisa memikirkan lagi untuk tetap bermain jika Parma berhasil promosi. Gagalnya Parma ke Serie A membuatnya harus legowo untuk pensiun lebih cepat. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

 

Update