Bekuk Myanmar 0-5, Timnas Indonesia U-22 Pimpin Klasemen Grup A

0
47
Marselino Ferdinan (dua kiri) merayakan selebrasi gol ke gawang Myanmar U-22 bersama rekan-rekannya. Timnas Indonesia U-22 berhasil menang besar 5-0 di laga tersebut. (PSSI)
Marselino Ferdinan (dua kiri) merayakan selebrasi gol ke gawang Myanmar U-22 bersama rekan-rekannya. Timnas Indonesia U-22 berhasil menang besar 5-0 di laga tersebut. (PSSI)

batampos – Tim nasional Indonesia U-22 meraih kemenangan besar 5-0 atas Myanmar U-22. Tambahan tiga angka itu membuat Garuda Nusantara mantap di puncak klasemen Grup A SEA Games 2023.

Di pertandingan yang dimainkan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamis (4/5), skuad asuhan Indra Sjafri langsung menggebrak lewat gol Marselino Ferdinan pada menit ke-20, serta melalui eksekusi penalti Ramadhan Sananta pada menit ke-31.

Indonesia mengambil kendali permainan sejak awal. Ancaman pertama diberikan oleh Ramadhan melalui sundulan yang kurang tajam dan masih dapat ditangkap kiper Myanmar Pyae Phyo Thu.

Namun, Myanmar bukan tanpa peluang. Mereka sempat mengancam pada menit kedelapan, saat Oakkar Naing menerima umpan terobosan di area pertahanan Indonesia, dan melepaskan tembakan yang masih dapat ditepis kiper Ernando Ari.

Baca Juga: Timnas Indonesia Lawan Myanmar Hari Ini, Jadi Pembuktian Kebugaran

Dua peluang berikutnya kembali menjadi milik anak-anak asuh pelatih Indra Sjafri. Rizky Ridho menanduk bola tendangan bebas yang dapat ditahan kiper Myanmar, bola pantul yang kembali disambar Rizky juga masih dapat ditangkap sang kiper. Tidak lama kemudian Fajar Fathur Rahman melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang masih dapat diredam kiper Puae Phyo Thu.

Indonesia baru mampu memecahkan kebuntuan pada menit ke-20. Marselino yang menerima bola muntah kemudian melepaskan tendangan akurat dari luar kotak penalti untuk bersarang ke gawang Myanmar.

Fajar Fathur Rahman kembali mengejutkan kubu Myanmar lewat sepakan mendadaknya. Namun, pada menit ke-30 Indonesia mendapat hadiah penalti setelah Marselino dilanggar di kotak terlarang. Eksekusi penalti dilakukan dengan sempurna oleh Ramadhan.

Pada sisa waktu babak pertama, Indonesia masih terus melancarkan serangan, termasuk melalui sepakan jarak jauh Ramadhan yang melambung di atas gawang Myanmar. Meski demikian, tidak tercipta gol tambahan sampai peluit tanda babak pertama usai berbunyi.

Baca Juga: Ciptakan 35 Gol, Haaland Pecahkan Rekor Gol Terbanyak di Liga Inggris dalam Satu Musim

Intensif serangan terus dilancarkan skuad Garuda Nusantara ke jantung pertahanan Myanmar di babak kedua. Terbukti, Ramadhan Sananta mencetak gol keduanya di pertandingan tersebut.

Upaya Garuda Nusantara tak berhenti sampai di situ karena Muhammad Fajar mencetak gol keempat Indonesia. Dan, Titan Agung memaksimalkan umpan serangan balik cepat untuk mencetak gol kelima Indonesia di pertandingan tersebut.

Keberhasilan ini membuat Indonesia mantap di posisi puncak dengan enam angka, disusul tuan rumah Kamboja selaku runner-up dengan empat poin. Setelah ini, Indonesia akan menghadapi Timor Leste di tempat sama pada 7 Mei. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini