Selasa, 27 Februari 2024

Bangkit via Dominasi London

Berita Terkait

batampos – Optimisme pendukung Tottenham Hotspur bahwa timnya punya kemampuan bersaing di bursa juara terpaksa luntur. Keyakinan mereka hanya bertahan hingga matchweek kesepuluh ketika jadi pemuncak klasemen tiga pekan beruntun. Empat matchweek berikutnya, harapan itu menguap lantaran menelan tiga kekalahan dan sekali seri. Posisi Spurs pun melorot ke tempat kelima.

Misi untuk bangkit kembali tersaji ketika melawan West Ham United dini hari nanti (siaran langsung SCTV/Champions TV 6/Vidio pukul 03.15 WIB). Apalagi, laga yang dimainkan di Tottenham Hotspur Stadium, London, tersebut sekaligus jadi derbi London pemungkas Spurs pada paro pertama.

”Cara Anda bereaksi terhadap periode sulit bisa menentukan hasil di akhir musim. Meski saat ini belum keluar dari fase sulit itu, kami tetap yakin bisa segera melaluinya,” papar tactician Spurs Ange Postecoglou seperti dikutip Daily Mail.

Pernyataan mantan pelatih timnas Australia tersebut merujuk pada hasil imbang 3-3 kontra juara bertahan Manchester City di laga terak-hir (3/12). Meski berstatus underdog dan bermodal tiga kekalahan beruntun, Spurs sukses meraih hasil yang lebih baik dari tiga matchweek sebelumnya meski belum berupa poin penuh.

Postecoglou juga sempat mencatatkan hat-trick menjadi manager of the month pada Agustus hingga Oktober lalu. Setidaknya, keluar dari tekanan sebelum ganti tahun jadi bukti kelayakannya menerima penghargaan tersebut.

Misi untuk bangkit yang sangat tepat diusung kontra The Hammers. Sebab, dalam lima laga menghadapi sesama tim London sebelumnya, Spurs hanya menelan sekali kekalahan. Yakni atas Chelsea pada matchweek kesebelas (7/11). Empat laga lainnya berujung 2 menang dan 2 seri.

Catatan Spurs tersebut hanya kalah dari Arsenal yang belum terkalahkan melawan sesama tim London. Bedanya, The Gunners masih harus menghadapi West Ham pada matchweek ke-19 (29/12). Sedangkan lima pertemuan sebelumnya dengan sesama tim ibu kota berakhir dengan 3 kemenangan dan 2 seri.

Lebih jauh, laga dini hari nanti sekaligus bermisi mengembalikan tuah Tottenham Hotspur Stadium. Ya, di dua laga kandang terakhir mereka selalu kalah. Padahal di empat laga kandang sebelumnya sukses sapu bersih.

Satu-satunya yang bisa kembali menggagalkan ambisi bangkit Spurs adalah tren West Ham yang sedang naik. Dari tiga matchweek terakhir, tim asuhan David Moyes tersebut tidak terkalahkan dengan meraih 2 kemenangan dan 1 kali seri.

Sejauh ini West Ham baru memainkan tiga pertandingan menghadapi sesama tim London. Hasilnya, mereka meraih masing-masing sekali menang, seri, dan kalah. ”Seharusnya kami bisa menang melawan Crystal Palace (3/13), sehingga menghadapi Spurs berbekal hat-trick kemenangan, red). Pertahanan jadi fokus untuk dibenahi (jelang laga nanti, red)” ujar Moyes kepada BBC. (*)

Update