Selasa, 27 Februari 2024

Semua Pemain Arsenal Mampu Cetak Gol

Berita Terkait

batampos – Tidak satu pun pemain Arsenal berada dalam sepuluh besar pencetak gol terbanyak Premier League 2023–2024 sampai matchweek ke-15. Padahal, Arsenal merupakan klub pemuncak klasemen. Fakta yang menunjukkan bahwa serangan The Gunners –julukan Arsenal– bukan hanya bertumpu pada 1-2 pemain. Melainkan kolektivitas serangan dari Martin Odegaard dkk.

F. JUSTIN TALLIS/AFP
GELANDANG Arsenal Declan Rice melakukan selebrasi usai mencetak gol keempat saat Arsenal bertemu Luton Town, Selasa (5/12).

Kesuksesan Arsenal membekuk tuan rumah Luton Town 4-3 di Kenilworth Road, Rabu (6/12) dini hari jadi penegasan. Keempat gol Arsenal diciptakan oleh empat pemain yang berbeda. Antara lain wide attacker Gabriel Martinelli pada menit ke-20, striker Gabriel Jesus (45’), gelandang serang Kai Havertz (60’), serta gelandang bertahan Declan Rice (90+7’).

Sebelum gol Rice, Arsenal menorehkan rekor langka. Sebelas gol The Gunners dilesakkan oleh sebelas pemain berbeda. Antara lain striker Eddie Nketiah, gelandang Fabio Vieira, bek kanan Takehiro Tomiyasu, wide attacker Leandro Trossard, bek tengah William Saliba, dan bek kiri Oleksandr Zinchenko. Juga wide attacker Bukayo Saka, Odegaard, Havertz, Martinelli, dan Jesus.

Belum pernah ada klub dalam histori Premier League yang pernah mencatatkan statistik seperti itu. Jika musim lalu pencetak gol Arsenal berasal dari 10 pemain berbeda, maka musim ini semakin merata dengan 13 pemain berbeda.

”Musim ini berbeda dengan musim sebelumnya karena kami memiliki solusi dalam mencetak gol saat situasi sulit. Sudah kali kelima kami bisa mencetak gol pada injury time (interval kedua, red),’’ beber Rice yang baru musim ini bergabung dengan Arsenal kepada Irish Independent.

Sebelum ke gawang Luton, Rice pernah mencetak gol pada injury time interval kedua (90+6’) ke gawang Manchester United pada matchweek keempat (4/9). Gol yang membuat Arsenal bisa unggul 2-1 sebelum akhirnya menang 3-1 dalam laga di Stadion Emirates tersebut.

Tambahan empat gol membuat Arsenal sudah mengoleksi 33 gol di Premier League musim ini. Masih kalah produktif dengan Manchester City dengan 36 gol. Meski begitu, persebaran gol Arsenal lebih merata. (*)

Update