Akhiri Penantian 10 Tahun, Persib Bandung Juara Liga 1

0
19
Persib Bandung berhasil raih juara dengan kalahkan Madura United melalui kemenangan agregat 6-1. (Persib Bandung)
Persib Bandung berhasil raih juara dengan kalahkan Madura United melalui kemenangan agregat 6-1. (Persib Bandung)

batampos – Persib Bandung menyudahi penantian 10 tahun untuk menjuarai Liga 1 Indonesia setelah menekuk Madura United dengan skor 3-1 pada leg kedua final Championship Series di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jumat.

Ini merupakan gelar pertama Persib Bandung pada era Liga 1 Indonesia setelah terakhir kali merengkuh juara pada era Liga Super Indonesia 2014.

Pada pertandingan ini kemenangan Persib Bandung hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh David Da Silva, Marc Klok serta Beckham Putra Nugraha pada babak kedua, sedangkan Madura United sempat memperkecil ketertinggalan lewat tendangan penalti Slamet Nurcahyo.

Hasil ini membuat Persib Bandung memenangi partai final Championship Series Liga 1 Indonesia 2023/2024 berkat kemenangan agregat 6-1 atas Madura United.

Meski berstatus tim tamu, Persib tak ragu mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mendapatkan peluang lewat tendangan Ciro Alves yang masih menyamping dari gawang Madura.

Persib kembali mendapatkan peluang, kali ini melalui sundulan David Da Silva setelah menerima umpan sepak pojok Ciro, namun bola masih membentur tiang gawang Madura.

Setelah sempat tertekan, Madura berbalik melancarkan serangan ke lini pertahanan Persib, namun belum ada yang menciptakan peluang berbahaya.
Madura memiliki peluang yang cukup membahayakan melalui sundulan dari Cleberson yang memanfaatkan skema sepakan pojok, namun bola masih menyamping dari gawang Persib.

Persib menciptakan peluang emas lewat skema serangan balik yang berawal dari umpan David Da Silva dan disambut tendangan Ciro Alves, akan tetapi bola dapat ditepis kiper Madura Lucas Frigeri.

Memasuki babak kedua, Madura mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, namun beberapa peluang yang mereka ciptakan belum membahayakan gawang Persib.

Persib akhirnya mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu lewat gol yang dicetak oleh David Da Silva memanfaatkan bola muntah tendangan Ciro Alves sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-60.

Tertinggal satu gol, Madura berusaha bangkit dan memberikan ancaman lewat tendangan Riyatno Abiyoso yang masih dapat ditepis oleh kiper Persib Kevin Ray Mendoza.

Laskar Sape Kerrab kembali menciptakan peluang, kali ini melalui tendangan Malik Risaldi yang kembali dapat dihalau oleh Mendoza.

Sempat tertekan, Persib mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 setelah umpan tarik Ciro Alves dapat dikonversikan menjadi gol oleh tendangan Marc Klok pada menit ke-86.

Pada waktu tambahan babak kedua, tepatnya menit ke-90+2, Persib sukses menambahkan keunggulan menjadi 3-0 lewat gol yang dicetak Beckham Putra Nugraha memanfaatkan umpan tarik dari Ciro Alves.

Madura United mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 pada penghujung pertandingan melalui eksekusi tendangan penalti Slamet Nurcahyo yang tak dapat dibendung Teja Paku Alam. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan usai. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini