Selasa, 22 Oktober 2024

Demi Lolos Piala Dunia U-20 2025, Tim Indonesia Bakal TC di Jepang

Berita Terkait

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri memberi arahan pada sesi latihan resmi di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2024). (Antara)

batampos – Timans Indonesia U-20 akan kembali berkumpul dan berlatih sebagai persiapan Piala Asia U-20 2025, yang merupakan kualifikasi Piala Dunia U-20 2025. Skuad Garuda Muda, julukan Timnas U-20, juga merencanakan melakukan pemusatan latihan atau training camp (TC) di Jepang.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, mengungkapkan PSSI akan memanggil kembali Dony Tri Pamungkas dan kolega dalam waktu dekat, tepatnya pada akhir bulan nanti sekitar 27 Oktober.

“Pemain kembali ke klub, nanti tanggal 27 (Oktober) kita TC di Bali sampai tanggal 3 (November),” ujar Indra Sjafri di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (21/10)

Timnas Indonesia U-20 telah memastikan tiket lolos ke Piala Asia U-20 2025. Ini akan jadi kali ke-21 bagi skuad Garuda Muda berlaga di Piala Asia U-20, yang merupakan kesempatan berburu tiket lolos ke Piala Dunia U-20 2025.

Karena itu, Indra Sjafri tak bisa bersantai. Selain berlatih di Bali, Timnas Indonesia U-20 bakal berlatih di luar negeri juga. Langkah itu dilakukan sebagai persiapan agar Garuda Muda bisa maksimal dalam ajang yang bakal berlangsung di Tiongkok pada 6-23 Februari 2025.

“Kemudian tanggal 4 (November) kita ke Jepang sampai tanggal 23 November,” ucap Indra.

Nah, dalam pemusatan latihan nanti, Indra Sjafri akan memanggil 30 pemain. Dia tak membocorkan siapa saja, namun memastikan akan memanggil para pemain yang tersedia, termasuk keturunan atau diaspora maupun naturalisasi.

Lantas, apa saja agenda Timnas Indonesia U-20 di Jepang nanti? Indra Sjafri mengatakan Garuda Muda akan berlatih dan melakoni sejumlah uji coba.

“Uji coba lima kali, ini lagi diatur (lawannya). Besok (hari ini) Pak Sekjen (Sekretaris Jenderal PSS Yunus Nusi) ketemu sama Kedubes Jepang kalau tidak salah,” ungkapnya.

“Jadi di sana sampai tanggal 23 (November) setelah itu balik, pemusatan latihan ke Bali, sampai Natal,” tambah Indra Sjafri.

Indra Sjafri sendiri mengakui bahwa Timnas Indonesia U-20 masih punya banyak kekurangan. Karena itu, tim pelatih akan fokus memperbaiki beberapa kekurangan selama pemusatan latihan nanti.

Selain itu, Indra mengatakan, sebuah kewajaran Timnas Indonesia U-20 masih memiliki kekurangan. Menurutnya, para pemain muda ini butuh proses untuk meningkatkan kualitas. Maka dari itu, Garuda Muda akan menjalani persiapan dengan maksimal jelang menghadapi Piala Asia U-20 2025.

“Banyak, tim usia muda itu tim yang lagi berproses. Proses itu yang diisi kualitas latihan kualitas edukasi-edukasi lainnya,” pungkas Indra Sjafri. (*)

SourceJPGroup

Update