Sabtu, 19 Oktober 2024

Merah Putih Punya 3 Wakil Semifinal Denmark Open 2024, Gregoria dan Putri KW Berpeluang Ciptakan All Indonesian Final

Berita Terkait

Putri Kusuma Wardani punya kans lolos ke final Denmark Open 2024. (PBSI)

batampos – Tiga wakil Indonesia akan berjuang dalam semifinal Denmark Open 2024, Sabtu (19/10). Dua di antaranya adalah tunggal putri, di mana sektor itu berpeluang ciptakan All Indonesian Final di turnamen BWF World Tour Super 750 tersebut.

Ketiga wakil Indonesia tersebut adalah Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Ketiganya berhasil menghidupkan asa untuk naik podium sekaligus menyabet juara Denmark Open 2024.

Gregoria Mariska jadi wakil Indonesia pertama yang memastikan tiket ke semifinal. Peraih medali perunggu Olimpiade Paris 2024 itu menumbangkan andalan India, Pusarla V Sindhu, 21-13, 16-21, dan 21-9.

“Di gim pertama saya bisa menang cukup nyaman, namun pada gim kedua saya terlalu lama untuk menyesuaikan lapangan, hal itu yang membuat saya banyak melakukan kesalahan sendiri, dan yang membuat lawan lebih percaya diri juga,” kata Gregoria dalam keterangan PBSI.

“Tapi, saya merasa kegagalan saya di gim kedua tidak menjadi beban saya untuk menjalani gim ketiga, jadi dari awal mulai gim ketiga saya tidak mau kehilangan momen. Saya langsung tancap gas, dan poin unggul membuat saya bermain nyaman,” tambah Jorji, sapaan akrab Gregoria.

Sementara Putri KW, lolos setelah melalui pertarungan ketat dengan Yeo Jia Min dari Singapura. Pebulutangkis berusia 22 tahun asal Tangerang, Banten itu menang rubber 20-22, 21-11, 21-18.

“Mengucap syukur Alhamdulillah, bisa menyelesaikan pertandingan tanpa cedera dan berhasil menang di babak perempat final,” kata Putri KW.

Selanjutnya di semifinal Denmark Open 2024, baik Gregoria Mariska maupun Putri KW akan menhadapi jalan terjal. Mereka sudah ditunggu oleh dua unggulan teratas turnamen.

Gregoria Mariska, misalnya. Dia harus berhadapan dengan unggulan satu sekaligus penghuni nomor dua dunia, An Se-young dari Korea Selatan. Ini akan menjadi pertemuan kesembilan bagi kedua pemain, di mana dalam delapan bentrokan sebelumnya Gregoria tak pernah meraih kemenangan.

Sedangkan Putri KW bakal berjumpa dengan salah satu andalan Tiongkok, Wang Zhiyi. Kebetulan calon lawannya adalah unggulan kedua yang juga tunggal putri nomor tiga dunia. Ini bukan pertemuan perdana untuk kedua pemain.

Sebelumnya Putri KW sudah dua kali berjumpa dengan Wang Zhiyi. Tapi, kedua pertemuan itu berlangsung di level junior dan hasilnya pemain binaan PB Exist Jakarta itu selalu menelan kekalahan. Artinya, semifinal Denmark Open 2024 jadi bentrokan perdana mereka di level senior.

Adapun Fajar/Rian berhasil menjejak ke semifinal setelah mampu mengandaskan perlawanan wakil Inggris, Ben Lane/Sean Vendy. Duet ganda putra berakronim FajRi itu menang straight game 21-15, 21-19.

“Ya, saya mengucap syukur Alhamdulillah, diberi kelancaran hingga hari ini di babak perempat final dan berhasil menang, namun saya masih belum puas dengan permainan saya hari ini, saya masih banyak melakukan kesalahan sendiri, lawan juga bermain sangat baik,” kata Fajar.

Keberhasilan ini membuat FajRi akhirnya merasakan semifinal lagi, setelah langkahnya selalu sampai perempat final dalam empat turnamen terakhir, termasuk saat Olimpiade Paris 2024. Fajar pun mengakui catatan itu memengaruhi penampilan mereka.

“Namun, sedikit banyaknya kami juga terpengaruh dengan beberapa turnamen terakhir yang selalu kalah di babak perempat final, dan kami tidak mau terpuruk lagi,” ucap Fajar.

“Itu memacu diri kami untuk meningkatkan fokus kami lagi, dan Alhamdulillah bisa menang, ya semoga besok kami bisa menampilkan permainan yang lebih baik lagi,” tambah pemain binaan PB SGS PLN Bandung.

Selanjutnya Fajar/Rian bakal berhadaoan dengan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen di semifinal Denmark Open 2024. FajRi sadar bahwa tuan rumah bukanlah lawan yang mudah.

“Lawan mereka pasti tidak mudah, kemarin di Arctic Open mereka masuk babak final, apalagi mereka bermain di rumah sendiri, dukungan penonton dan percaya diri nya pasti lebih tinggi,” ucap Rian Ardianto.

“Jadi kita setelah ini akan berdiskusi juga untuk melihat siapa lawan kami besok (hari ini), jadi kami harus menyiapkan segalanya untuk pertandingan tersebut,” pungkas suami Ribka Sugiarto ini.

Jadwal Semifinal Denmark Open 2024, Sabtu (19/10) mulai pukul 14.00 WIB:

Court 1

WS – Putri Kusuma Wardani vs Wang Zhiyi (Tiongkok/2) – Match 1

WS – An Se-young (Korea Selatan/1) vs Gregoria Mariska Tunjung (5) – Match 3

MD – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (6) vs Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark/2) – Match 8

Update