Rabu, 24 Juli 2024

3 Pemain Keturunan Indonesia yang Bermain di Euro 2024, Ada Kapten Liverpool

Berita Terkait

Virgil Van Dijk berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Yunani. (F.Akun instagra resmi Timnas Belanda @officialknvb),

batampos – Gelaran ajang bergengsi Euro 2024 atau Piala Eropa tengah menjadi sorotan bagi kalangan pecinta sepak bola tanah air, kompetisi yang digelar pada edisi ke-17 nya kali ini menjadi momen berkontribusinya pemain keturunan Indonesia.

Dalam turnamen yang digelar empat tahun sekali ini tersimpan warna yang berbeda, bagaimana tidak pada Euro yang diadakan di Jerman saat ini menjadi tempat saling adu kualitas bagi pemain yang memiliki darah Indonesia.

Dikutip dari berbagai sumber, setidaknya ada 3 nama yang memiliki garis keturunan dari Indonesia yang mana ketiganya sama-sama membela De Oranje atau timnas Belanda. Berikut ini, simak 3 pemain berdarah Indonesia yang bermain di Euro 2024.

1. Tijjani Reijnders

Tijjani Reijnders yang merupakan gelandang AC Milan dan pernah diupayakan mendapatkan paspor Indonesia oleh PSSI ini, menjadi satu dari tiga pemain keturunan Indonesia yang masuk dalam skuad Euro 2024 mewakili Timnas Belanda.

Dalam garis silsilahnya, Tijjani yang lahir di Zwolle, Belanda 29 Juli 1998 itu memiliki garis keturunan Indonesia dari kakek neneknya yang berasal dari ibu yaitu Etus Lekatompessy dan Mimi Lekatompessy.

Sepasang suami istri itu yang berasal dari Latuhalat Nusaniwe, Ambon tersebut melakukan hijrah ke Belanda pada tahun 1960-an dan memiliki anak salah satuhnya bernama Angeline Lekatompessy yang merupakan Ibu Kandung dari Tijjani.

Dalam skuad Belanda, Tijjani melakoni debutnya seniornya pada 7 September 2023 dan telah mencatatkan 10 caps dengan persembahkan 1 gol.

2. Ian Maatsen

Ian Maatsen menjadi salah satu nama yang juga dikerap dikaitkan untuk membela tim Merah Putih, Maatsen yang lahir di Vlaardingen, Belanda pada 10 Maret 2002 ini memiliki darah Indonesia dari ibunya yang merupakan seorang Wanita Suriname yang memiliki darah Jawa dari kedua orang tuanya.

Pemain yang tengah membela klub Borussia Dortmund pinjaman dari Chelsea ini dipanggil mendadak ke dalam skuad De Oranje dalam Euro 2024, hal ini menyusul cedera yang dialami oleh Frenkie de Jong. Untuk saat ini Maatsen belum mencatatkan caps untuk Timnas senior Belanda.

3. Virgil Van Djik

Sementara itu, Kapten Liverpool, Virgil Van Djik masih jarang yang mengetahui bahwa dirinya memiliki garis keturunan Indonesia.

Van Djik yang lahir di Breda, Belanda pada 8 Juli 1991 ini memiliki keturunan Indonesia dari neneknya, seorang Wanita asal Maluku yang menikah dengan pria Suriname dan kemudian memiliki anak bernama Hellen Chin Fo Sieeuw yang merupakan ibu kandung dari Van Djik.

Dalam skuad Belanda, Van Djik melakoni debut seniornya pada 10 Oktober 2015 dan telah mencatatkan 69 caps dengan berkontribusi 9 gol. Keikutsertaanya dalam Euro kali ini menjadi debut pertama kali bagi dirinya dalam ajang yang digelar empat tahun sekali ini.

Dimana pada Euro 2016 Van Djik tidak ikut serta karena Belanda kala itu yang tidak lolos dalam kualifikasi, kemudian pada Euro 2020 (2021) ia juga tak turut andil didalamnya karena ia mengalami cedera. (*)

 

SourceJPGroup

Update