Venezia Lolos ke Final Play-off Serie A, Jay Idzes Berpotensi Tidak Bisa Bela Timnas Indonesia

0
29
Jay Idzes bawa Venezia menang dan menempel ketat Como di papan atas Serie B. (Venezia)
Jay Idzes bawa Venezia menang dan menempel ketat Como di papan atas Serie B. (Venezia)

batampos – Kabar dilematis datang dari tim Serie B sekaligus klub Jay Idzes, Venezia, yang berhasil mengamankan tiket ke babak final play-off promosi Serie A musim 2023/2024.

Keberhasilan ini bisa berdampak pada potensi absennya Bang Jay untuk membela Timnas Indonesia.

Venezia meraih kemenangan 1-0 pada leg pertama semifinal di markas Palermo. Pada Sabtu (25/5/2024) dini hari WIB, mereka melanjutkan performa impresifnya dengan memainkan leg kedua di Stadion Pierluigi Penzo.

Dalam pertandingan kedua, Venezia yang hanya membutuhkan hasil imbang tampil dominan. Tanner Tessmann membuka keunggulan Venezia pada menit ke-4.

Kemudian, Antonio Candela menambah keunggulan dua menit sebelum babak pertama berakhir.

Meskipun Palermo berhasil membalas dengan satu gol pada babak kedua akibat kesalahan Michael Svoboda, Venezia tetap unggul dengan agregat 3-1 dan melaju ke final.

Jay Idzes yang bermain penuh dalam dua laga semifinal, berperan penting dalam keberhasilan Venezia. Namun, jadwal padat Venezia berpotensi membuat Idzes absen dari beberapa laga penting Timnas Indonesia.

Venezia akan bertanding di final play-off promosi Serie A dengan sistem dua leg pada 31 Mei dan 3 Juni 2024.

Di saat yang bersamaan, Timnas Indonesia akan menghadapi tiga laga penting pada Juni 2024: uji coba melawan Tanzania pada 2 Juni, serta pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak (6 Juni) dan Filipina (11 Juni).

Jika Jay Idzes harus bermain untuk Venezia di final, ia hampir pasti absen dalam laga uji coba melawan Tanzania. Selain itu, kebugarannya diragukan untuk pertandingan melawan Irak karena waktu yang sangat mepet dan perjalanan yang jauh.

Sebelumnya, Venezia telah mengumumkan akan melepas Jay Idzes untuk bergabung dengan Timnas Indonesia setelah memastikan lolos ke semifinal play-off promosi Serie A.

Namun, belum ada kejelasan mengenai kapan tepatnya Idzes akan bergabung dengan skuad Garuda.

Dalam pernyataan resmi klub, Venezia menyatakan, “Bek Venezia FC Jay Idzes dipanggil timnas Indonesia untuk babak penyisihan kedua kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia akan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni, kedua pertandingan akan dimainkan di kandang sendiri di ibu kota Jakarta. Semoga berhasil, Jay.”

Potensi absennya Jay Idzes menjadi tantangan bagi Timnas Indonesia yang tengah bersiap menghadapi laga-laga penting di kualifikasi Piala Dunia.

Sang pemain membuat debut impresif bersama Skuad Garuda ketika menghadapi Vietnam. Bahkan di pertandingan keduanya, penggawa Venezia FC tersebut mampu mencetak gol. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini