Minggu, 3 Juli 2022

Usia Muda, Bisa Juara

Catatan Sepakbola Bung Chris

Berita Terkait

Catatan Sepakbola Bung Chris

Perjuangan Asnawi dkk hingga mampu lolos sampai final pantas diapresiasi demikian juga sangat juru latih peracik serta asistennya.

Pola permainan Asnawi dkk sudah bagus, permainan satu dua disertai pergerakan saat kehilangan bola, menjadi pertandingan yang enak ditonton.

Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto senantiasa bergerak dan memotong pergerakan lawan saat ditekan, dan tidak jarang menjadi pemantik awal serangan.

Rumakik, selain rajin mengejar bola juga piawai membantu serangan dengan memanfaatkan lebar lapangan. Kendati muda, Rumakik kadang berasa di kotak penalti saat terjadi scrimage untuk memanfaatkan bola liar.

Kuartet lini pertahanan juga solid. Pengambilan tackle senantiasa bersih, baik oleh Fachrudin atau Rizky Ridho.

Dewangga nampaknya harus lebih tenang, saat menghadapi tekanan, tidak buru buru melepas bola dan mengumbar tackle.

Wing back, Asnawi dan Arhan tentu tidak gegabah saat melakukan over lapping, hindari untuk salah passing atau bisa dipotong lawan.

Chanatip (18) adalah motor serangan, posisi dibelakang kedua striker mereka. Umpannya senantiasa diarahkan ke Dangda (10) atau Supachok(7). Kedua pemain ini lincah dan cerdik.

Kalau Dangda sering mengakhiri dengan umpan lambung ke kotak penalti, sementara Supachok lebih berani melakukan penetrasi ke kotak penalti dan bahkan melakukan eksekusi.
Thailand juga ada titik lemah, absennya back Therapan (3) akibat akumulasi kartu kuning, akan dimanfaatkan oleh Witan dan Asnawi.

Kiper Budprom juga belum bisa dipastikan tampil akibat cidera saat melawan Vietnam di leg kedua. Penggantinya Shiwarak Tedsungnoen justru pernah dibobol oleh Ki Agung dan Evan Dimas pada laga PPD di Qatar 3 Juli yang lalu, yang berakhir imbang 2-2.

Semoga para pemain lebih konsisten dan stabil dalam memainkan bola. Hindari tackle yang tidak perlu, serta protes yang berlebihan. Wasit sepertinya akan royal terhadap kartu terhadap pemain yang sering protes.

Timnas sedang on fire dari sisi permainan dan masyarakat Indonesia sangat berharap menjadi juara. (*)

 

Catatan Sepakbola Bung Chris

Update