Timnas Indonesia Bakal Hadapi 2 Laga FIFA Matchday

0
45
Skuad timnas Indonesia menjalani program latihan fisik keras di Bali United Training Center, Gianyar, Bali. (TIM MEDIA PSSI )
Skuad timnas Indonesia menjalani program latihan fisik keras di Bali United Training Center, Gianyar, Bali. (TIM MEDIA PSSI )

batampos – Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan bahwa tim nasional (Timnas) Indonesia bakal menghadapi dua laga persahabatan FIFA pada FIFA matchday di rentang 20-28 Maret 2023.

“Lawannya adalah hasil diskusi saya dengan pelatih Shin Tae-yong. Tidak akan jauh berbeda dari tim sekelas Curacao,” kata Indra di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (30/1).

Indonesia menghadapi Timnas Curacao dua kali pada pertandingan persahabatan FIFA, September 2022. Skuad Garuda memenangi laga-laga itu dengan skor 2-1 dan 3-2.

Baca Juga: Christian Eriksen Diprediksi Absen Cukup Lama Bela Manchester United

Saat itu, Curacao berada di peringkat 84 FIFA, sementara Indonesia di posisi ke-155 FIFA. Artinya, lawan Indonesia pada FIFA matchday Maret nanti memiliki peringkat FIFA sekitar 80-an.

Indra Sjafri mengakui bahwa PSSI sudah mengontak negara calon lawan timnas. Namun, dia enggan memberitahukan kesebelasan itu datang dari negara mana. “Sabar saja,” kata Indra menegaskan.

Sementara soal jumlah pertandingan di FIFA matchday, Indra Sjafri memastikan bahwa PSSI akan memanfaatkan jatah dua laga. Seluruh pertandingan diupayakan berlangsung di Indonesia meski tetap terbuka peluang untuk dilaksanakan di luar negeri.

Baca Juga: Manchester City Resmi Pinjamkan Joao Cancelo ke FC Bayern Muenchen

“Kami berusaha digelar di Indonesia karena kami juga ingin memberikan hiburan (kepada masyarakat, Red). Akan tetapi, tidak tertutup kemungkinan, jika ada lawan yang mengajak, kami akan bermain di luar negeri,” kata Indra menerangkan.

Andai mampu menundukkan lawan pada dua laga persahabatan tersebut, posisi Indonesia di peringkat FIFA bisa terdongkrak.

Per 22 Desember 2022, Indonesia bertengger di anak tangga ke-151 peringkat FIFA atau terbaik kelima bila dibandingkan negara-negara dalam naungan AFF. Vietnam menjadi negara dengan peringkat FIFA terbaik di lingkup AFF yakni di posisi ke-96. Di bawahnya ada Thailand (111), Filipina (134), Malaysia (145) dan Indonesia (151). (*)

 

 

Reporter: Antara

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini