Taklukkan Unggulan Pertama, Jonatan Christie Berpeluang Menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024

0
33
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat berlaga di babak 16 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 di Ningbo, Tiongkok, Kamis (11/4/2024). (ANTARA/HO/PP PBSI)
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat berlaga di babak 16 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 di Ningbo, Tiongkok, Kamis (11/4/2024). (ANTARA/HO/PP PBSI)

batampos – Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, maju ke babak final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 di Ningbo, Tiongkok, setelah mengalahkan unggulan pertama Shi Yu Qi, Sabtu (13/4).

Jonatan menang atas Shi pada babak semifinal melalui rubber game ketat 18-21, 21-19, 21-12.

Tunggal putra yang turun sebagai unggulan ketiga itu mengatakan, salah satu kunci kemenangannya hari ini adalah dirinya bisa menikmati jalannya pertandingan meskipun sangat sarat dengan tekanan dari lawan.

“Semua berkat bantuan Tuhan yang membuat saya bisa bermain dengan baik. Bisa bermain dengan enjoy, bisa keluar dari tekanan dan senang pastinya dengan kemenangan ini,” kata Jonatan, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Bicara mengenai jalannya pertandingan empat besar, pada gim pertama, Jonatan mengakui bahwa dia kurang tenang saat bermain, terutama pada momen-momen krusial saat dirinya sempat unggul 18-17.

“Di poin-poin akhir saya malah kurang tenang. Penggunaan strategi dan pukulan itu tidak sinkron. Di gim pertama dan gim kedua akhir, sedikit missed-nya di situ,” kata juara All England Open 2024 tersebut.

Lebih lanjut, di gim kedua saat Jonatan unggul 18-10, sempat kelihangan banyak angka itu bukan karena kehilangan fokus. Namun, Jonatan menilai Shi mampu bermain jauh lebih rapi.

“Pertahanannya lebih rapat juga. Sehingga beberapa kali saya tidak sabar atau pengembaliannya yang tanggung,” kata dia.

Lebih lanjut, Jonatan mengatakan pada gim ketiga dia kemudian berusaha semaksimal mungkin dengan mengurangi kesalahan sendiri.

“Saya juga lebih menekan dulu supaya lawan juga tertekan. Strategi ini berhasil,” ujar dia.

Juara French Open 2023 itu mengaku tidak membebani diri sendiri sebagai satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di partai empat besar BAC 2024.

“Sebagai satu-satunya wakil Indonesia di semifinal, saya hanya mencoba mengurangi pikiran-pikiran seperti itu. Bohong lah kalau saya tidak terbebani. Namun, saya hanya berusaha mengurangi hal itu sehingga tidak mengganggu penampilan,” kata Jonatan.

Peraih medali emas Asian Games 2018 Jakarta-Palembang itu pun bertekad untuk tampil dengan maksimal pada partai puncak esok. Tak lupa, dia meminta doa dan dukungan dari para penggemar bulu tangkis di Indonesia.

“Pastinya berharap yang terbaik tampil di final. Apa pun hasilnya saya sudah melakukan semaksimal yang bisa saya lakukan,” kata Jonatan.

“Dan, mohon doa dan dukungan dari teman-teman, dari masyarakat Indonesia, para suporter pencinta bulutangkis Indonesia. Semoga besok bisa menghasilkan yang terbaik,” ujarnya menambahkan. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini