Sabtu, 3 Desember 2022

Salip Hongaria, Italia ke Semifinal Nations League

Berita Terkait

Bek timnas Italia Federico Dimarco (ketiga kiri) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Hongaria dalam pertandingan UEFA Nations League pada Selasa (27/9). (Attila Kisbenedek/AFP/Antara)

batampos – Italia sukses mengamankan tiket ke semifinal usai mengalahkan Hongaria dua gol tanpa balas dalam pertandingan UEFA Nations League A Grup 3 di Puskas Arena Park, Selasa (27/9) dini hari WIB.

Dilansir dari Antara, dua gol Italia masing-masing dicetak Giacomo Raspadori dan Federico Dimarco. Hasil tersebut mengantarkan Italia melaju ke semifinal. Mereka bisa menyalip Hongaria di puncak klasemen. Tim asuhan Roberto Mancini itu mengumpulkan 11 poin di posisi teratas unggul satu poin dari Hongaria yang menduduki peringkat ke-2.

Tim tamu hampir saja membuka keunggulan pada menit ke-6. Umpan silang Bryan Cristante tidak cukup baik ditangkap oleh Peter Gulacsi hingga bola lepas. Attila Szalai menyapu bola tepat di garis gawang untuk mencegah Hongaria dari kebobolan.

Lini belakang Hongaria kembali membuat kesalahan hingga berujung gol pada menit ke-27. Mereka gagal melakukan build-up setelah dipatahkan permainan menekan Italia.

Wilfried Gnonto bisa menyerobot bola yang ditunjukkan ke Gulacsi. Bola liar langsung disambar Giacomo Raspadori untuk menggetarkan jala Hongaria dan membuat skor menjadi 1-0.

Pada menit ke-31, Gli Azzurri hampir menggandakan kedudukan. Giovanni Di Lorenzo melakukan tusukan dari sisi kanan sebelum melepas tembakan, tetapi percobaannya masih melebar.

Skor 1-0 untuk Italia bertahan hingga babak pertama tuntas.

Selepas jeda, Hongaria yang tertinggal langsung tancap gas. Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma tampil luar biasa menahan gempuran tuan rumah. Dia secara beruntun bisa membendung sepakan Dominik Szoboszlai, Adam Szalai, dan Loic Nego, pada menit ke-50.

Dua menit berselang, Italia justru yang bisa mencuri gol. Umpan Nicolo Barella membebaskan Cristante di sisi kanan kotak penalti Hongaria. Dia lalu mengirim umpan ke tiang jauh yang bisa disambar Federico Di Marco menjadi gol. Tuan rumah tertinggal 0-2.

Donnarumma kembali beraksi pada menit ke-55. Dia melakukan penyelamatan brilian untuk mengamankan gawangnya dari sundulan jarak dekat dari Callum Styles.

Hongaria masih terus melancarkan tekanan. Namun, Donnarumma masih terlalu tangguh untuk dibobol. Kali ini, penjaga gawang Paris Saint-Germain (PSG) itu bisa mengamankan tembakan Szoboszlai yang sempat berbelok arah karena membentur Leonardo Bonucci.

Lini pertahanan Italia tampil disiplin di sisa laga. Hal tersebut membuat usaha Hongaria mencetak gol tak membuahkan hasil. Skuat Gli Azurri menutup laga dengan kemenangan 2-0 atas Hongaria. (*)

 

 

Reporter: Antara

Update