Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi Tembus Semifinal Wimbledon 2023

0
61
Aldila Sutjiadi tampil impresif dalam kariernya di dunia tenis. Dia lolos ke babak perempat final ganda campuran French Open 2023. (ANGGER BONDAN/JAWA POS)
Aldila Sutjiadi tampil impresif dalam kariernya di dunia tenis. Dia lolos ke babak semifinal final ganda campuran Wimbledon 2023. (ANGGER BONDAN/JAWA POS)

batampos – Petenis Aldila Sutjiadi berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Ia sukses menembus semifinal ajang Grand Slam Tenis Wimbledon 2023 sebagai pemain ganda campuran bersama pasangannya, Matwe Middelkoop asal Belanda.

Sayangnya, di semifinal, Aldila Sutjiadi bersama Middelkoop ditaklukkan oleh pasangan Xu Yifan/Joran Vliegen pada Rabu (12/7) waktu setempat. Sebelumnya, Aldila/Middelkoop juga menembus semifinal Grand Slam French Open (Perancis Terbuka) pada Juni lalu. Namun, mereka kalah dari pasangan Miyu Kato dan T. Putz.

Meskipun kalah, menjejakkan kaki di dua semifinal Grand Slam merupakan sebuah pencapaian tersendiri bagi Aldila Sutjiadi dan patut diapresiasi karena dua kejuaraan tersebut merupakan ajang tenis bergengsi kelas dunia.

Baca Juga: Pertemuan Dua Petenis Termuda di Perempat Final Wimbledon

Sejak level junior, Aldila merupakan petenis yang berprestasi. Dilansir dari laman resmi International Tennis Federation, petenis kelahiran Jakarta ini sukses meraih gelar juara di nomor tunggal dan ganda putri kejuaraan Indonesia International (ITF) Junior Tennis Champs 2010.

Tiga tahun kemudian, Aldila berhasil melaju hingga semifinal Grand Slam Australia Open Junior di nomor ganda putri. Berpasangan dengan petenis India, Rutuja Bhosale, mereka kalah dari pasangan Amerika Serikat, Gabrielle Andrews/Taylor Townsend.

Pada level senior, prestasi Aldila masih cukup stabil sebagai petenis Indonesia berprospek cerah. Petenis kelahiran 2 Mei 1995 ini sukses menyumbang medali emas tenis ganda campuran bagi Indonesia di Asian Games 2018. Berpasangan dengan Christopher Rungkat, mereka mengalahkan ganda campuran Thailand, Luksika Kumkhum/Sonchat Ratiwatana.

Baca Juga: Cuitan Rafae Nadal Jadi Sinyal Masa Depan Marc Marquez

Setahun kemudian, duet Aldila/Christo kembali meraih gelar di pesta olahraga SEA Games 2019 Manila setelah mengalahkan Sanchai Ratiwatana/Tamarine Tanasugarn. Aldila juga sukses meraih medali emas di sektor tunggal putri dengan mengalahkan wakil Vietnam, Savanna Lý Nguyễn.

Aldila/Christo juga sukses mempertahankan gelar tenis ganda campuran pada SEA Games 2021 setelah mengalahkan pasangan Thailand, Patcharin Cheapchandej/Pruchya Isaro.

Karir tenis Aldila Sutjiadi di level internasional semakin berkibar setelah berhasil meraih gelar juara ganda putri pada turnamen Women’s Tennis Association (WTA) Copa Colsanitas di Bogota, Kolombia tahun 2022. Berpasangan dengan petenis Australia, Astra Sharma, mereka sukses mengalahkan Emina Bektas/Tara Moore.

Itu merupakan gelar perdana bagi Aldila di turnamen tenis WTA. Berkat trofi tersebut, petenis bertinggi badan 170 cm ini sukses menembus peringkat 86 WTA kala itu.

Aldila yang kini berperingkat 32 WTA (ranking WTA per 3 Juli 2023) secara total meraih tiga gelar WTA ganda putri, dua gelar ganda putri WTA 125, satu gelar ITF tunggal putri, dan 15 gelar ITF ganda putri. (*)

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini