La Liga Menjadi Liga Elite yang Kian Mahal, Segini Harga Tiketnya

0
37
Barcelona tertunduk lesu setelah dikalahkan Rayo Vallecano 1-2 dalam lanjutan La Liga. (ANTARA)
Barcelona tertunduk lesu setelah dikalahkan Rayo Vallecano 1-2 dalam lanjutan La Liga. (ANTARA)

batampos – Berdasar studi Barcelona International University of Catalonia, tiket pertandingan sepak bola di Spanyol merupakan yang termahal di Eropa.

Tiket untuk La Liga, misalnya, setara dengan 4 persen gaji rata-rata pekerja Negeri Matador. Bandingkan di liga elite Eropa lainnya, hanya setara 2,5 persen gaji rata-rata pekerja.

”Jika Anda melihat pendapatan klub Spanyol, Anda akan mengetahui pendapatan tiket musim mereka memang menurun. Faktanya, orang yang datang (ke stadion) tetap banyak,” kata Presiden La Liga Javier Tebas seperti dilansir Marca.

Baca Juga: Cari Pengganti Kylian Mbappe, Ini 2 Pemain Incaran PSG

Tebas secara tidak langsung menyatakan bahwa mahalnya harga tiket laga di La Liga tidak akan memengaruhi antusiasme fans ke stadion. Hal itu pula yang diyakini dua raksasa La Liga, Real Madrid dan FC Barcelona. Mereka tetap menaikkan harga tiket untuk musim depan (2023–2024).

Real pun menunjukkan bahwa kenaikan harga tiket bukan masalah bagi fans mereka. Seperti dilansir Globo Esporte, Los Merengues –sebutan Real– telah mendapatkan EUR 180 juta (Rp 3 triliun) dari ludesnya tiket kandang mereka. Nominal tersebut sudah bisa menutup 20 persen dari bujet anggaran klub musim depan.

Meski, anggaran Real bisa membengkak lagi seandainya ingin mendatangkan bintang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe musim panas ini. ”Imbas dari pandemi Covid-19 masih sedikit terasa. Meski begitu, minat terhadap laga Real selalu luar biasa,” tulis Globo Esporte.

Baca Juga: Messi Tidak Menyesal Bergabung Inter Miami

Seperti Real, Barca juga menaikkan harga tiket karena keadaan yang memaksa. Musim depan Barca berkandang di Estadi Olimpic Lluis Companys dengan kapasitas 54.367 kursi. Jauh berkurang dari Camp Nou dengan kapasitas 99.354 kursi.

Barca konfiden fans mereka bakal membuat ludes tiket lantaran musim lalu sukses mencatatkan penjualan 1 juta tiket atau kali pertama dalam sejarah. Pemasukan yang diraih mencapai EUR 97,5 juta (Rp 1,6 triliun).

Football Espana melansir bahwa permintaan untuk tiket di kandang alternatif cukup lumayan di angka 16.864 dari prediksi 27 ribu permintaan tiket musiman. Setidaknya, minimal akan ada 70 persen dari prediksi yang terjual atau 18.900 tiket musiman yang akan terjual. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini