Sabtu, 3 Desember 2022

Pemerintah Siap Bantu Damaikan Pelatih Herry IP dan Kevin Sanjaya

Berita Terkait

Pelatih ganda putra Indonesia Herry IP berpose bersama Marcus Fernaldi Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo setelah Minions menjadi juara Hylo Open, Jerman 2021. (Herry IP/Instagram)

batampos – Kerenggangan antara Herry Iman Pierngadi dan Kevin Sanjaya diharapkan tidak berkepanjangan. Apalagi, keretakan hubungan keduanya sudah didengar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Hanya, Zainudin masih menunggu sikap dari PP PBSI selaku induk organisasi buku tangkis di tanah air. Politikus Partai Golkar tersebut menyerahkan penyelesaian perselisihan yang terjadi kepada PBSI.

”Saya pesankan ini menjadi urusan PBSI. Saya yakin federasi bisa mencari jalan keluar dan itu juga berlaku di cabor lain,” katanya saat diwawancarai awak media di gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, kemarin (27/9).

Baca Juga: Relasi Pelatih Herry IP dan Kevin Sanjaya Dikabarkan Memburuk

Namun, dia menyatakan, pemerintah melalui Kemenpora siap turun tangan jika memang nanti dibutuhkan PBSI. Sebelum itu, persoalan harus dituntaskan federasi.

”Kalau butuh pemerintah untuk ikut, baru ikut. Tapi, selama bisa diatasi federasi, kami persilakan untuk mencari jalan keluar supaya akur kembali,” ujarnya.

Menurut Zainudin, salah satu masalah muncul lantaran komunikasi di antara pihak yang berselisih kurang baik. Hal itu harus ditata ulang lagi.

Dia mengungkapkan, pertikaian antara pelatih dan atlet seperti ini tidak hanya terjadi di cabor bulu tangkis, tetapi juga di beberapa cabor. Karena itu, Menpora berkeyakinan bahwa masalah bisa dituntaskan dengan baik.

”Ini urusan kesalahpahaman. Pasti urusannya komunikasi. Saat diajak berbicara, itu bisa selesai,” jelasnya.

Konflik memang diharapkan tidak berlarut. Sebab, ganda putra saat ini menjadi tulang punggung bagi tim bulu tangkis Indonesia dalam setiap event yang diikuti. Dikhawatirkan, perang dingin yang terus berlanjut bisa memengaruhi atlet ganda putra lainnya.

Baca Juga: Herry IP Ungkap Kevin sudah Tak Berlatih dengannya di Pelatnas PBSI

Selain Kevin/Marcus, ganda putra masih memiliki nama-nama beken seperti Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang sepanjang 2022 begitu konsisten, juara SEA Games Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, hingga jawara All England 2022 Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Untuk ganda utama, event terdekat yang bakal diikuti adalah tur Eropa yang dimulai pada Denmark Open 2022.

Ajang itu berlangsung pada 18–23 Oktober. Sebelumnya, Sekjen PBSI Fadil Imran memastikan bahwa Kevin/Marcus akan tetap bermain bersama. Termasuk di tur Eropa.

Namun, perihal lebih detail terkait dengan pasangan tersebut, Kabidbinpres Rionny Mainaky yang paling kompeten menjawab masih bungkam. Ketika dimintai konfirmasi, Rionny enggan memberikan komentarnya. Pesan singkat yang dikirim Jawa Pos juga belum ditanggapi.

Padahal, dengan permasalahan yang ada, saat ini keputusan dari Kabidbinpres layak dinanti. Apakah ke depannya Kevin tetap berlatih di pelatnas dengan pelatih berbeda atau Marcus Fernaldi Gideon yang menjadi partner Kevin dicarikan pasangan baru.

Sebab, sebelumnya Kevin dan Herry sama-sama panas. Kevin, misalnya. Secara terang-terangan, dia sudah tidak mau dilatih Herry IP. (*)

 

 

Reporter: JPGroup

Update