Sabtu, 3 Desember 2022

MU Harus Playoff, Arsenal Lolos ke 16 besar

Berita Terkait

Kiper FC Zurich Yanick Brecher (kanan) gagal menghentikan tendangan bek Arsenal Kieran Tierney dalam pertandingan Grup A Liga Europa antara Arsenal dan FC Zurich. (Glyn Krik/AFP/Antara)

batampos – Alejandro Garnacho mencetak gol pertamanya untuk Manchester United (MU) saat menang 1-0 atas tuan rumah Real Sociedad dalam pertandingan terakhir Grup E Liga Europa di Stadion Anoeta di San Sebastian, Jumat (4/11) dini hari WIB.

Namun kemenangan itu tak bisa menghindarkan MU dari finish kedua grup tersebut sehingga terpaksa menjalani playoff melawan salah satu dari delapan tim yang tersingkir dari Liga Champions. United dituntut menang dengan selisih dua gol agar bisa menjuarai grup Grup E sehingga mendapatkan tiket otomatis ke 16 besar Liga Europa.

Baca Juga: Menang Tipis 2-1 atas Dinamo Zagreb, Chelsea Melenggang ke Babak 16 Besar

Tetapi yang terjadi, MU terpaksa menghadapi lawan salah satu dari Ajax, Barcelona, ​​​​Juventus, Bayer Leverkusen, FC Salzburg, Sevilla, Shakhtar Donetsk, dan Sporting CP. Meskipun demikian, pelatih Erik ten Hag mengaku senang atas kemajuan yang dicapai Garnacho.

”Saya sangat senang atas penampilannya, dia menjadi ancaman, dia mencetak gol dan bertahan dengan baik. Sungguh penyelesaian yang bagus, tusukan yang hebat dan sangat menyenangkan,” kata Ten Hag setelah pertandingan seperti dikutip laman ESPN seperti dilansir dari Antara.

Setelah debut penuhnya saat United mengalahkan FC Sheriff, Garnacho memberikan janji dengan gol luar biasa yang dibuat pada menit ke-17. Pemain berusia 18 tahun itu mendapatkan assist dari Cristiano Ronaldo yang berusia dua kali lipatnya yang saat ini berumur 37 tahun.

Baca Juga: Son Heung-Min Terancam Absen di Piala Dunia 2022

Pemain muda Argentina itu bisa saja mencetak gol keduanya tetapi dia tergelincir saat hendak menembak sehingga bola melambung di atas mistar gawang Sociedad. Yang juga tampil cemerlang dalam laga ini adalah kiper David de Gea yang melakukan dua penyelamatan gemilang termasuk kala mementahkan peluang gol Pablo Marín.

Ten Hag juga memasukkan Harry Maguire sebagai pemain pengganti untuk dipasang sebagai striker, namun United gagal mencetak gol kedua sehingga harus puas sebagai runner up grup itu.

Sementara itu, Gol Kieran Tierney membuat Arsenal membukukan kemenangan penting 1-0 atas FC Zurich dalam pertandingan terakhir Grup A Liga Europa di Stadion Emirates, Jumat (4/11) dini hari WIB sehingga berhak lolos langsung ke babak 16 besar sebagai juara grup.

Pasukan Mikel Arteta bisa saja dipaksa masuk playoff Liga Europa jika finish urutan kedua di bawah PSV Eindhoven yang mengalahkan Bodo/Glimt pada hari yang sama. Tapi mereka menang dalam pertandingan yang sulit itu guna memuncaki grup tersebut.

Baca Juga: Kelanjutan Liga Indonesia Bergantung pada Polri

Sebuah bola liar bergerak ke arah Kieran Tierney di bagian atas kotak penalti dan dia memanfaatkan peluangnya dengan baik untuk menciptakan gol semata wayang dalam laga itu. Dia melepaskan tembakan pertama yang berhasil melewati kiper Zurich Yanick Brecher di tiang jauh untuk mengantarkan tim Mikel Arteta unggul pada menit ke-20.

Arsenal mendominasi 45 menit babak pertama tetapi hanya bisa menciptakan satu peluang bagus dalam babak itu yang dimanfaatkan dengan baik oleh Tierney. Tim tamu tampil menyulitkan Arsenal pada babak kedua dan hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-80 ketika tendangan geledek Bohdan Viunnyk meleset tipis di atas mistar gawang Arsenal. (*)

 

 

 

Reporter: Antara

Update