Rabu, 25 Mei 2022

Lawan Australia, Jangan Terlalu Membebani Tim Nasional

Berita Terkait

Timnas Putri Indonesia tak ingin hanya menjadi pelengkap di ajang Piala Asia Wanita 2022 di India. (Tim Media PSSI)

batampos – Timnas putri bakal memulai perjuangannya di Piala Asia Wanita 2022 dengan rintangan superberat. Skuad Garuda Pertiwi menghadapi Australia putri di Stadion Mumbai Football Arena, India, sore ini.

Dilihat dari sisi mana pun, timnas kalah segalanya. Kekuatan kedua tim sangat jomplang. Australia diperkuat sederet bintang yang merumput di kompetisi Eropa.

Sedangkan mayoritas pemain timnas putri Indonesia tidak memiliki klub lantaran Liga 1 Putri tidak terselenggara karena pandemi Covid-19.

Karena itu, pelatih timnas putri Rudy Eka Priyambada berharap masyarakat Indonesia tak terlalu membebani tim asuhannya dengan ekspektasi yang tinggi. ’’Biarkan anak-anak ini menikmati permainan,’’ katanya.

Garuda Pertiwi memang sebaiknya bermain tanpa beban dan menikmati pertandingan melawan Australia sebagai pengalaman setelah absen 33 tahun.

Sebelumnya, Indonesia tampil di Piala Asia Wanita pada 1977, 1981, 1986, dan 1989.

Mantan pelatih fisik Persebaya Surabaya itu berjanji pasukannya akan tetap berusaha menampilkan performa terbaik. ’’Kami siap berlaga. Kami akan membuktikan timnas putri Indonesia pantas tampil di kancah internasional,’’ ujarnya.

Rudy mengaku sudah mempelajari gaya main lawan dan siap menerapkan permainan yang tepat untuk meredam agresivitas lawan.

Di sisi lain, pelatih Australia Tony Gustavsson tak mau The Matildas –julukan timnas putri Australia– meremehkan lawan. Justru, dia menyanjung timnas putri Indonesia yang dinilai telah berkembang menjadi lebih baik.

’’Pertama-tama, saya merasa sangat terkesan dan senang dengan perkembangan pemain-pemain di Indonesia dan mengucapkan selamat kepada mereka karena telah berhasil melaju ke turnamen ini,’’ ucapnya.

Perkiraan Pemain
Australia (4-3-3)
1-Lydia Williams (g); 21-Ellie Carpenter, 3-Courtney Nevin, 7-Steph Catley, 14-Alanna Kennedy; 16-Clare Wheeler, 10-Emily van Egmond, 19-Kyra Cooney-Cross; 11-Mary Fowler, 20-Sam Kerr (c), 17-Kyah Simon
Pelatih: Tony Gustavsson

Indonesia (4-3-3)
19-Fani Supriyanto (g); 14-Diah Tri Lestari, 4-Shalika Aurelia, 9-Ade Mustikiana, 18-Tia Darti; 11-Baiq Amiatun, 15-Helsya Maeisyaroh, 20-Viny Silfianus; 12-Zahra Muzdalifah (c), 16-Carla Bio, 22-Insyafadya Salsabillah
Pelatih: Rudy Eka Priyambada

Venue: Stadion Mumbai Football Arena
Live: INews TV pukul 17.00 WIB

 

 

Reporter: JPGroup

Update